Seorang Pimpinan Harus Bisa Mengayomi Bawahan

Sekda Kab Sorong, Dr.Ir.Albertho H.Solossa,M,Si.

Lensapapua–  Dengan adanya mutasi jabatan yang telah dilakukan bagi beberapa pejabat Esalon II dan III  dilingkup pemerintah daerah Kabupaten Sorong, diharapkan bisa memacu setiap pejabat untuk lebih meningkatkan kinerjanya, kata Sekda Kabupaten Sorong Dr.Ir.Albertho H.Solossa, M,Si. Rabu (04/2)

Setiap pejabat yang sudah menduduki satu posisi jabatan dalam dua tahun atau bahkan ada yang sudah menjabat selama 5 tahun, perlu diadakan sebuah penyegaran, mutasi atau pun promosi jabatan, disamping sebagai sebuah penyegaran juga untuk peningkatan karier dari seseorang PNS tersebut, termasuk untuk meraih karier yang baru, agar lebih bersemangat dan bergairah didalam melaksanakan tugas yang sudah dipercayakan, jelas Sekda.

Sekda mengakui, bahwa setiap pejabat memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda, tentunya dengan masuknya seseorang pejabat dalam satu lingkungan yang baru dan dengan gaya kepemimpinannya tentu bisa juga memotivasi para staf yang ada. “Karena membina para staf bukan hanya dengan kekerasan tetapi perlu juga ada seni, termasuk harus bisa merangkul bawahan, layaknya sebagai orangtua bagi para pegawai yang ada”, imbuhnya.

Ditambahkan Sekda, sebagai pimpinan dalam satu lembaga atau instansi perlu kerja keras untuk bagaimana bisa memberdayakan semua staf yang ada, dengan memberikan perhatian yang merata, jangan sampai ada prioritas tertentu bagi beberapa staf, nanti staf yang lain merasa tersisih, intinya harus semua bisa dihargai dan diberikan tanggungjawab yang sama dalam pengertian yang luas, agar para staf tersebut bisa menghargai kita sebagai pimpinan, termasuk bisa mendukung kita dalam semua kebijakan kita.

jika hal ini sudah dilaksanakan maka suasana dalam kantor bisa berjalan dengan baik, dan tidak ada lagi gesekan-gesekan satu sama lainnya, karena baik tidaknya satu pimpinan tentu tidak terlepas dari penilaian para stafnya, dan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bisa saja para staf tersebut melaporkan sikap dari pimpinannya kemana-mana, ungkap Sekda.

Diakuinya apalagi dalam waktu dekat ini juga akan ada mutasi jabatan bagi Esalon III dan  IV, termasuk bagi kepala-kepala distrik yang kinerjanya sudah menurun, dan juga beberapa masukan yang sudah kami terima, agar kepala-kepala distrik tersebut segera diganti atau dimutasi, barangkali sudah timbul kebosanan berada disatu tempat, oleh karena itu perlu kita lakukan sebuah penyegaran, pungkas Sekda. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.