Proses Lahiran Pernah Dijamin, Kini Paulina Percayakan Jaminan Kesehatan Ke JKN-KIS

Paulin

Lensapapua, Sorong, –  Merasakan manfaat dari Program Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan salah satu hak masyarakat Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Rabu, (08/05) Paulina Nauw yang terlihat sedang mengurus perubahan data JKN-KIS anaknya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong menceritakan pengalamannya dalam mempercayai jaminan kesehatan ia dan sang keluarga kepada JKN-KIS.

Lina panggilannya, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini pernah dirawat di RSAL Sorong karena mengalami asam lambung yang parah paska melahirkan pada 2018 yang lalu.

 

Ia menceritakan bagaimana ia merasa terbantu dari proses melahirkan anak keduanya dijamin JKN-KIS tanpa harus mengeluarkan biaya.

“2018 awal yang lalu saya melahirkan anak kedua saya dan Puji Tuhan semua biaya dijamin JKN-KIS karena sudah terdaftar sebagai peserta sejak bekerja.

 

Anak kedua saya sehat dan kami sekeluarga bisa tenang tanpa memikirkan biaya saat itu. Lalu beberapa hari setelah melahirkan, saya harus dirawat lagi dirumah sakit karena asam lambung saya parah dan sekali lagi bersyukur kami tidak ada mengeluarkan biaya,” cerita Lina.

Lina yang mendaftarkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamanya (FKTP) di Klinik Gading Sorong ini menceritakan, setelah merasakan sendiri bagaimana manfaat dari Prgoram JKN-KIS, ia tak ragu menggunakan kartu JKN-KIS miliknya dan keluarga untuk berobat ketika sedang sakit secara mendadak.

“2 anak saya lagi diumur rawan terserang penyakit kalau tidak dikontrol pola makan nya, kita tidak pernah tahu kapan akan sakit dan seperti apa sakitnya, persiapan yang saya lakukan sebagai ibu ya selain mengatur pola makan dan menjaga kesehatan mereka, saya juga mempersiapkan kartu JKN-KIS ini, sekarang memikirkan biaya yang mahal untuk berobat tidak perlu lagi, kami sekeluarga lega,” tuturnya sambil tersenyum.

Lina pun mengungkapkan harapannya terhadap Program JKN-KIS agar terus memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia seperti dirinya yang terbantu dengan adanya JKN-KIS tersebut. Ia berharap agar semakin banyak masyarakat sadar akan pentingnya mendaftarkan keluarga sebagai peserta JKN-KIS dan membayar iuran dengan teratur demi keberlangsungan Program JKN-KIS. (Red- TR/ws)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.