Polres Biak Numfor Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Matoa 2019

Lensapapua, Biak –  Polres Biak Numfor melaksanakan Apel gelar pasukan dalam rangka Ops Ketupat Matoa 2019 dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Matoa Tahun 2019, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1440 H”, dipimpin oleh Dandim 1708 Biak Letkol Inf. Ricardo Siregar, SH., M.Tr (Han) bertempat di Lapangan Taruna Bhayangkara Polres Biak Numfor, Selasa (28/05/2019).

Apel yang ditandai dengan penyematan tanda pita itu dihadiri oleh, Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, SIK., M.Si, para Komandan Satuan TNI, Kajari Biak Sigit J. Pribadi SH., MH, Asisten II Frits G. Senandi, S.Sos.,MM dan Pejabat Utama Polres Biak Numfor.

Adapun pasukan yang terlibat dalam apel gelar pasukan itu, diantaranya satuan TNI, Kompi Brimob, Polres Biak Numfor, Satpol PP, Dishub, Senkom dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Amanat Kapolri yang dibacakan oleh Dandim 1708 Biak mengatakan, Operasi Ketupat Tahun 2019 yang akan digelar selama 13 hari mulai Rabu dini hari tanggal 29 Mei 2019, sampai dengan hari Senin tanggal 10 Juni 2019, memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya.

“Operasi Ketupat Tahun 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019. Hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks,” kata Dandim

Lanjut Dandim, analisis dan evaluasi terhadap penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2018 menujukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik. Koordinasi dan kerja sama sinergis seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2018 juga mendapatkan apresiasi positif dari publik. Hal tersebut ditandai dengan tidak adanya aksi serangan terror, dapat ditekannya gangguan kejahatan yang meresahkan masyarakat maupun aksi intoleransi dan kekerasan serta terpeliharanya stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di tengah masyarakat.

“Saya memiliki keyakinan dan harapan bahwa keberhasilan yang telah diraih dalam Operasi Ketupat Tahun 2018 akan dapat ditingkatkan di tahun 2019 ini. Polri didukung TNI dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Tahun 2019 akan bekerja keras dan mengerahkan segenap sumber daya dalam pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2019,” tutur Letkol Inf. Ricardo Siregar, SH., M.Tr (Han).

Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan secara serentak, mulai dari tingkat Markas Besar hingga ke Polres jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergisitas dan soliditas komponen penyelenggara. Selain itu, untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan ini, Polres Biak Numfor melaksanakan pemusnahan miras hasil Ops Ketupat Matoa tahun 2019 yakni 48 kaleng bir hitam guinness, 24 botol anggur javan, 14 botol vodka, 2 botol robinson wiskhy, 5700 mil minuman keras jenis cap tikus dan 72 botol bir hitam guinness.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.