PJ. Bupati Sorong Terima Penghargaan UHC Dari Mendagri

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua– Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Moso menerima penghargaan UHC (Universal Health Coverage) dari Mendagri Muhammad Tito Karnavian, atas nama Pemerintah Republik Indonesia di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

 

banner 325x300

Penghargaan itu diberikan karena cakupan kepesertaan jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lebih dari 95% dari jumlah penduduk Kabupaten Sorong telah menjadi peserta.

 

Di mana, cakupan kepesertaannya menjadi lebih dari persentase total penduduknya telah terjamin pembiayaan kesehatannya melalui skema Program JKN.

 

Pada kesempatan itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’aruf Amin sangat mengapresiasi Pemda, khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional.

 

Terima kasih atas dukungan Presiden Joko Widodo dan Wapres beserta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, terhadap pelaksanaan program JKN ini.

 

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada para kepala daerah (gubernur, bupati, wali kota), yang telah mendukung penyelenggaraan Program JKN.

 

Hal itu disampaikan Direktur Utama BPJS Ali Ghufron Mukti, saat memberikan sambutan dalam kegiatan penyerahan penghargaan UHC kepada Pemda.

 

Dijelaskannya bahwa di tahun 2024, Indonesia ditargetkan dapat mencapai cakupan kepesertaan semesta program JKN/ KIS atau yang dikenal Universal Coverage dengan cakupan menyeluruh.

 

Presiden juga telah menginstruksikan kepada 30 kementerian dan lembaga, gubernur, bupati dan wali kota untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan optimalisasi Program JKN.

 

Dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

 

Dijelaskan, UHC merupakan salah satu target dalam sosial development yang ke- 3, dicanangkan oleh WHO, di mana diharapkan negara-negara di dunia dapat mencapai pada tahun 2030.

 

“UHC tidak hanya sekedar penduduk yang telah mencapai peserta jaminan kesehatan.” Namun, memiliki makna yang lebih jauh, yaitu mencakup tiga hal,” ujar Dirut BPJS.

 

Ketiga cakupan itu antara lain, proporsi penduduk yang dapat mengakses pelayanan kesehatan, proporsi penduduk yang menggunakan pendapatannya untuk membiayai pelayanan kesehatan.

 

Dan, keadilan sosial, khususnya di bidang kesehatan terus mendapatkan akses para warga dalam pelayanan dan pendanaannya.

 

Selamat kepada Pemerintah Kabupaten Sorong yang telah mendapatkan penghargaan UHC di tahun 2023.(rim/red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.