Pemkab Sorong Terima Penghargaan Maturitas SPIP

Lensapapua– Bupati Sorong raih penghargaan pencapaian Maturitas Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dari BPKP Papua Barat atas capaian kinerja pemerintah daerah Kabupaten Sorong yang dinilai sangat baik.

 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Papua Barat, Riki Antariksa di Kantor Inspektorat  Kabupaten Sorong. Aimas, Senin (03/2).

 

Dalam sambutannya, Riki Antarksa, mengatakan, penilaian terhadap Pemda kabupaten Sorong  dimulai dari  pengawasan, perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Karena penilaian baik maka  BPKP  memberikan  penghargaan Pencapaian Maturitas SPIP Level 3 ini.

 

Karena itu, Riki berharap  agar kabupaten kota  ke depan  dapat menjalankan SPIP sesuai dengan peraturan perundangan yang telah berlaku.

 

“Di tempat ini saya sampaikan bahwa  penghargaan level 3 yang dicapai  kabupaten Sorong ini pertama kali di  Provinsi Papua dan Papua Barat. Ini prestasi luar biasa yang dicapai oleh pemerintah kabupaten Sorong di bawah kepemimpinan Bupati Johny Kamuru,”kata Riki.

 

Menurutnya, penghargaan level 3 yang diraih pemerintah kabupaten Sorong, itu sama dengan BPKP. Di Indonesia, lanjutnya hanya Kementerian Keuangan yang menerima penghargaan level 4, yang lain belum termasuk BPKP.

 

Semenetara itu, Bupati  kabupaten Sorong, Dr Johny Kamuru, M.Si, menyampaikan terima kasih kepada  seluruh  OPD  di bawahnya karena kerja kerasnya sehingga pengehargaan level 3 ini dicapai oleh kabupaten Sorong.

 

“Saya ingin BPKP mengawal kami dengan ketat dan dekat agar dapat mewujudkan hal tersebut. Selamat kepada  OPD-OPD pemerintah kabupaten Sorong yang sudah bekerja maksimal. Semoga level 3 ini  tetap dipertahankan bahkan bila perlu naik ke level 4,”kata Bupati  Kamuru.

 

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi. Antara lain, melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

 

Skor maturitas penyelenggaraan SPIP sebesar tiga atau level 3. Secara umum dengan berada pada level “terdefinisi” mencerminkan bahwa Pemerintah  kabupaten Sorong  telah melaksanakan praktek pengendalian intern.

 

Penilaian tingkat maturitas penyenggaraan SPIP meliputi unsur di antaranya lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan.

 

“Berkaitan dengan level maturitas SPIP dan peningkatan Kapabilitas APIP, jika bekerja berdasarkan sistem yang baik itu benar-benar dihayati sebagai motor penggerak manajemen pemerintahan. Maka, tindak pidana korupsi dapat ditekan, dan dalam waktu yang sama dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan komitmen ini merupakan kunci keberhasilan mewujudkan good governance dan clean government,”  kata Kepala Perwakilan BPKP Papua Barat Riki kepada wartawan, usai penyerahan penghargaan tersebut. (Red/ykn)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.