banner 728x250

Motivasi Baca Anak Sejak Usia Dini

banner 120x600
banner 468x60

Zulkifki Arfan

Lensapapua – Sasaran pelayanan kegiatan perpustakaan keliling dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sorong lebih diutamakan bagi siswa SD melalui pelayanan secara bergiliran pada setiap bulannya.

banner 325x300

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sorong melalui Kepala Seksie Pengembangan Perpustakaan dan Arsip Zulkifli Arfan, S.An kepada media ini mengatakan, sebagai salah satu langkah strategis yang kita lakukan dengan sasaran utama pelajar SD, dengan harapan kita akan memotivasi para pelajar sejak usia dini untuk terus giat gemar membaca, katanya di Aimas, Selasa (11/10).

Menurutnya, Jika anak-anak sudah terbiasa dengan menanamkan kebiasaan yang baik secara rutin dan teratur, salah satunya  melalui kegiatan gemar membaca  ini maka akan mempengaruhi si anak ketika dia memasuki pendidikan di tingkat berikutnya. Hal ini penting kita tanamkan sejak mereka masih usia SD, ujar Arfan

Ia mengaku, pelayanan tetap kami lakukan dengan fasilitas dua sarana mobil perpustakaan keliling yang ada kepada masyarakat umum dan terlebih lagi bagi para guru atau mahasiswa yang akan menyusun tugas belajar, skripsi dan lainnya dengan meminjam berbagai buku sebagai bahan referensi.

Awalnya, kami rencana melakukan pelayanan ketika jam istrirahat pelajar di sekolah yang dikunjungi, tapi mengingat waktu mereka sangat terbatas hanya lebih kurang 15 menit saja dinilai tidak cukup maka kami memberikan pinjaman berupa buku-buku pelajaran secara bergantian setiap bulannya, ucap Arfan selaku pemberi layanan pada mobil perpustakaan keliling milik kantornya.

Ia menambahkan, jika ada materi sajian informasi berupa berita dari Media Center Kebupaten Sorong dari hasil jurnalnya maupun majalah Paw Bili yang sudah diterbitkan itu untuk  bisa diserahkan kepada pihaknya, dan itupun  wajib hukumnya untuk disampaikan.

Dengan harapan,  sebagai bahan referensi dan kajian kami yang akan memberikan pelayanan kepada para pembaca yang membutuhkan informasi dimaksud.

Begitu pula hasil liputan atau kajian dari media massa lainnya bisa diserahkan juga agar kami selaku pengelola perpustakaan bisa mengembangkan hal itu kepada pihak-pihak yang membutuhkan berbagai sumber informasi yang mereka inginkan.

Lanjut Arfan, hal ini perlu suatu koordinasi dan kerjaama yang baik dalam bidang layanan informasi,  sehingga semuanya bisa terpenuhi kebutuhan publik untuk diketahui secara luas, imbaunya. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.