Ketua Suku Biak Bondi Kabupaten Sorong: Himbau OAP Jaga Nama Baik Harga Diri Serta Tingkatkan Kualitas Diri

Saat berlangsung silaturahmi antar selururuh elemen bersama pemkab sorong diaula Baperlitbang (05/9)

Lensapapua–   Ketua Suku Biak Bondi Kabupaten Sorong, Robert  mengatakan bahwa sebagi Orang asli Papua (OAP) ” Kita harus bisa menjaga harga diri dan nama baik kita sendiri”. Kita juga harus bisa tunjukkan kualitas diri kita sehingga, sehingga saudara-saudara kita yang non Papua bisa kedepan melihat itu dan dari sisi kualitas, kedepan kita bisa sejajar.

 

Pernyataan ini disampaikan Rober pada saat pemkab sorong menggelar kegiatan  silaturahmi bersama Forkopimda, para tokoh agama, adat, pemuda, perempuan, masyarakat dan stakeholder lainnya terkait apresiasi dari seluruh pihak atas situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Sorong pasca kejadian Surabaya dan Malang. Kamis (05/9)

 

Menurut Robert, pihaknya turut mengutuk aksi anarkis yang berujung pada pembakaran, perusakan, dan  penjarahan tersebut yang terjadi di Manokwari dan wilayah lainnya, hingga menimbulkan kerugian besar diberbagi aspek.

 

Kemudian, juga terkait persepsi pada OAP yang terbiasa mengkonsumsi Minuman Keras (Miras), serta banyaknya kejadian tindakan kriminal dikarenakan Miras” Kita harus bisa tepis persepsi itu”. Dengan cara, sebagai orang tua,  kita harus bisa memberikan contoh perilaku yang baik pada anak-anak, mengedukasi serta merobah pola hidup kearah yang lebih sehat dan berkualitas. Tegas Robert.

 

Rober mencontohkan keluarga kecilnya, memiliki 7 orang anak, tapi tak satupun yang pernah mengkonsumsi Miras. Bahkan saat ini anak saya sedang menempuh pendidikan di Surabaya,  keadaanya masih tetap baik, sehat, aman dan nyaman hingga saat ini. Beber robert.

 

Meski tidak memiliki jenjang pendidikan yang tinggi, namun Robert bisa diterima bekerja di perusahaan Petro China selama puluhan tahun sebagai kepala bagian Maintenance hingga pihak perusahaan memberangkatkan dirinya menempuh pendidikan dinegara luar.

 

Oleh sebab itu lah, ” saya menghimbau kepada kita semua OAP” mari kita buat diri kita lebih berkualitas, jaga nama baik, harga diri serta berperilaku sesuai norma-norma kehidupan. Pinta Robert.

 

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.