Katapop Pantai Distrik Salawati Akan Menjadi Kawasan Minapolitan

Abd.Gani Malagapi. - Copy

Lensapapua–  Dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Sorong, gelar kegiatan sosialisasi Percepatan peningkatan ekonomi daerah melalui pengembangan kawasan Minapolitan, dilaksanakan di Hotel Handayani Aimas dan dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kabupaten Sorong,  Selasa (09/12).

Usai pelaksanaan kegiatan, Asisten II bidang ekonomi sosial dan pembangunan Setda Kabupaten Sorong Abd.Gani Malagapi S,Sos.MM. Dalam wawancaranya menjelaskan bahwa Minapolitan adalah salah satu kawasan perikanan yang terintegrasi, olehnya itu diharapkan agar semua kegiatan yang menyangkut dengan perikanan dapat dilaksanakan dikawasan Minapolitan tersebut, jelas Malagapi.

Berdasarkan SK Bupati Sorong, tentang Minapolitan dan Pokja, daerah Kabupaten Sorong dinilai layak menjadi wilayah Minapolitan karena memiliki luas laut mencapai 500 Kilo Meter persegi, dengan luas daratan yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai lahan tambak bagi perikanan air tawar, maka wilayah yang masuk dalam Minapolitan tersebut meliputi Distrik Aimas, Mariat, Mayamuk dan Distrik Salawati, bebernya.

Rencananya kawasan Minapolitan dimaksud adalah diwilayah Katapop Pantai Distrik Salawati dengan luas areal 9 Hektar, sementara untuk saat ini dermaga/pelabuhan, penerangan Listrik juga sudah ada disana, imbuhnya.

Dengan demikian diharapkan sarana penunjang lainnya juga bisa dibangun seperti perumahan bagi para Nelayan, Diklat bagi industri perikanan untuk peningkatan sumber daya manusia, pabrik Gas, bengkel untuk tambal perahu, Dok Kapal dan lain sebagainya, yang tentunya infrastruktur dari semua bidang harus memadai, sehingga segala kegiatan Minapolitan tersebut mulai dari pengolahan hingga pada pemasarannya nanti harus dilakukan ditempat tersebut, kata Malagapi.

Melalui rencana Minapolitan ini, diharapkan bidang perikanan dapat lebih berpihak kepada rakyat, demi kesejahteraan seluruh masyarakat yang ada, maka kawasan tersebut harus disentralisir dan diintegrasikan, agar kawasan Minapolitan ini dapat menjadi sebuah kawasan layaknya kawasan industry, pungkas Malagapi. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Katapop Pantai Distrik Salawati Akan Menjadi Kawasan Minapolitan

  1. iyo, kemarin kitoorang yang tinggal di katapop 1 dapat jatah bibit lele dan pakan, tapi sayang bantuan dari pemerintah percuma.. karena waktu yang tidak tepat. bantuan turun ketika musim kemarau dan banyak bibit bibit lele tidak bisa hidup karena masih kecil..
    masyarakat katapop 1 mengeluh dengan hal ini karena bantuannya terbuang percuma.. pakan ikan semakin lama semakin menjamur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.