Kabupaten Sorong Ibarat Seorang Gadis Cantik Yang Siap Dipinang

Ir.Septer Kawab.Kadis Pertambangan Kabupaten Sorong

Lensapapua–  Kabupaten Sorong ibarat seorang gadis cantik yang siap dipinang oleh pria manapun,yang tentunya pria tersebut harus lah seorang pria yang terbaik. Kata Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Sorong. Ir.Septer Kawab.

Sebutan ini tentu sangatlah tepat sekali,Mengingat Kabupaten Sorong sebagai Kabupaten induk yang sudah memekarkan beberapa wilayah pemekaran baru, memiliki potensi yang sangat besar sekali.Jelasnya dihadapan DPR kota Sabang NAD.Kamis 19/6.

Lebih jauh Septer menjelaskan bahwa Kabupaten Sorong dari zaman Belanda sudah dikenal dengan sebutan kota Minyak.Untuk tambang minyak dan gas (Migas),sesuai dengan presentasi dari sekian ratus kabupaten  yang ada di Indonesia, salah satunya Kabupaten Sorong masuk dalam nominasi terbaik, bahkan Bupati Sorong pun sudah menerima penghargaan dari Menteri ESDM.Bebernya.

Demikian juga dengan Gas yang saat ini dikelola oleh PetroChina Int’l Bermuda Ltd,dengan Pertamina JOB, Gas tersebut kelebihan yang pada akhirnya dibuang melalui pembakaran secara terus menerus.Untuk itulah kami berencana bagaimana caranya agar dapat digunakan sebagai energy listrik.Terangnya.

Sama hal nya dengan tambang Batubara yang baru-baru ini sudah Launching pengapalan perdana,sejak 20 tahun yang lalu tambang ini sudah dilihat oleh banyak Investor.Meskipun hasilnya belum mendapatkan Kalori yang besar untuk ukuran secara nasional dengan 5.000 Kalori.Sementara hasil tambang Batubara didaerah ini masih mencakup 3.900 Kalori. Jelas Septer.

Hasil tambang Batubara ini dikirim ke daerah Amurang di Manado untuk digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga Uap (PLTU),yang tentunya setelah melalui proses pem Blandingan (pencampuran) yang didatangkan dari Kalimantan dengan Kalori berkisar 5.000 an.Terangnya.

Untuk itulah kami berharap adanya Investor-Investor yang dapat mengelola potensi yang ada didaerah ini dengan baik. Demi pertumbuhan perekonomian yang lebih meningkat serta demi kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah ini. Pungkas Septer. (Red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.