Inovasi Baru “Kelurahan/Kampung Berbasis Digital Mudahkan Masyarakat Mendapatkan Layanan Informasi”

Eliaser Kalami.kepala dinas Kominstaper Kabupaten Sorong
banner 120x600
banner 468x60
Eliaser Kalami.kepala dinas Kominstaper Kabupaten Sorong

Lensapapua –  Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Kominstaper) Kabupaten Sorong, Eliaser Kalami, S.Sos, M.PA,. mengemukakan hal yang melatarbelakangi dirinya memilih pilot projek/inovasi proyek perubahan Kelurahan/kampung berbasis digital,  untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

 

banner 325x300

Inovasi ini adalah salah satu syarat yang harus kami ciptakan, dimana kami lima orang Reformer (pejabat eselon II.b) dari Kabupaten Sorong yang pada waktu itu mengikuti Pelatihan Diklat Kepemimpinan Nasional Tingkat II angkatan pertama tahun 2023 pada Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI di Jakarta. Terang Eliaser

 

Lebih lanjut dijelaskan Eliaser, Proyek perubahan ini cukup penting mengingat saat ini kemajuan teknologi sudah semakin berkembang pesat, kita sudah memasuki reformasi industri di 4.0 sehingga bagaimana caranya kita membuat satu inovasi baru yang dapat memudahkan masyarakat, jelas Eliaser diruang kerjanya, Rabu (24/5-23)

 

Inovasi Proyek Perubahan dengan judul “Strategi Peningkatan Pelayanan Informasi Publik Melalui Kelurahan/Kampung Berbasis Digital di Kabupaten Sorong”, mendapat dukungan penuh dari Pj. Bupati Yan Piet Moso, S.Sos, MM, M.AP melalui pernyataan sikap dukungan nya yang disampaikan dihadapan para insan pers kemarin, ungkap Eliaser.

 

Pelayanan informasi dan komunikasi merupakan bagian penting yang menjadi kebutuhan masyarakat pada saat ini,  Oleh karena itu, kita berkomitmen ingin Pemkab Sorong harus menjangkau pelayanan informasi publik melalui berbagai sektor layanan kepada masyarakat kita yang ada di daerah ini, ungkapnya

 

Menurut Eliaser, untuk tahap pertama, wilayah yang akan dijadikan sebagai pilot projek nya adalah kelurahan Malagusa distrik Aimas dan kelurahan Mariyai distrik Mariat, kemudian selanjutnya akan berkembang kesemua kelurahan yang ada wilayah Kabupaten Sorong.

 

Secara teknis kata Eliaser, Didua kelurahan ini nantinya akan disiapkan jaringan Jarkomda ( Jaringan Komunikasi Daerah) yang gratis.

 

Selain itu kita juga sudah menyediakan sebuah aplikasi dengan nama brand nya “Sikatyani”, jadi melalui aplikasi ini nantinya masyarakat dapat mengakses, lalu tinggal pilih menu layanan apa yang dibutuhkan dan seterusnya tinggal mengikuti panduan yang ada dalam aplikasi tersebut.

 

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan  masyarakat maupun para UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) akan lebih mudah memasarkan produk produk dagangannya melalui sarana media digitalisasi ini, pungkasnya. Red

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.