BPKP Perwakilan Papua Barat: Target APIP Hingga 2019 Capai 85 Persen

Lensapapua–  Kepala perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Buyung Wirono Samudro, mengemukakan sesuai  RPJMN 2015 – 2019  target peningkatan kapabilitas APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah). Sampai  tahun 2019 sudah mencapai sebesar 85 persen, namun harus mencapai hingga rekor tiga.

 

Pernyataan kepala perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat ini disampaikan dalam kegiatan workshop audit investigatif dan audit kinerja dilingkungan APIP se-Provinsi Papua Barat yang dilaksanakan diaula Inspektorat Kabupaten Sorong mulai 11-15 Maret 2019.

 

Lanjut dikatakan Buyung, pencapaian rekor tiga, menuntut  APIP harus melakukan perbaikan kelembagaan dan peningkatan peran dan layanan kepada pemerintah daerah, seperti yang sudah diamanatkan dalam Peraturan Daerah nomor 60 tahun 2008, tentang Sistim Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)

 

Peran APIP dituntut semakin efektif untuk memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektifitas pencapaian penyelenggaraan tugas dan fungsi. Memberikan peringatan dini  dan meningkatkan efektifitas managemen resiko dalam penyelenggaraan fungsi dan tugas pemerintahan. Memelihara dan meningkatkan kualitas tatakelola penyelenggaraan tugas dan fungsi diinstansi pemerintah.

 

Selanjutnya kata Buyung juga telah terbit Permendagri nomor 35 tahun 2018, yang meminta peran aktif inspektorat untuk mampu melakukan audit kinerja dan audit investigatif.

 

Untuk memenuhi tuntutan diatas, mendorong BPKP Perwakilan Papua Barat selaku administrative Pembina A

Mungkin Anda Menyukai