banner 728x250

Batu Bara Salah Satu Hasil Tambang Dari Kabupaten Sorong

banner 120x600
banner 468x60

Indra Pribadi

Lensapapua– Kabupaten Sorong sebagai salah satu hasil tambang Batubara, tidak hanya diperuntukkan bagi daerah Papua sendiri, akan tetapi hasil tambang tersebut juga bisa dikirim keluar wilayah Papua, karena Kabupaten Sorong juga akan dijadikan daerah pemasok batubara terbesar  di kawasan timur Indonesia.

banner 325x300

Kepala Bagian Transportasi  dan Pengelolaan Pelabuhan PLN Batubara, Indra Pribadi,  mengatakan, hasil tambang tersebut akan dikirim ke Tidore, Maluku Utara, dan Kendari akan tetapi waktunya diminta mundur, dan akhirnya kita alihkan ke Amurang, Sulawesi Utara.Katanya Rabu 11/6.

Rencana ke depan  daerah Tidore, Amurang dan Kendari maupun daerah Indonesia lainnya tetap akan memerlukan batubara. Selama ini batubara yang kita ambil adalah dari daerah Kalimantan Selatan. Jika ditinjau dari sisi pembiayaan transportasi memang cukup mahal, kata Indra Pribadi..

Dengan  adanya sumber batubara  dari Kabupaten Sorong ini, maka sudah jelas akan lebih efisien dari sisi transportasi, serta dapat menekan biaya-biaya lainnya.

“Sementara dari sisi kualitas, rencananya kami akan mem-blanding (mencampur) kalori ini  untuk di Amurang. Karena titik awal Amurang adalah di Medium 24.000 kalori,” katanya.

Kualitas batubara dari Kabupaten Sorong ini awalnya masuk dalam kategori, karena kalori awalnya masuk pada 3.900 kalori. Namun karena sudah lebih dari sebulan siap di lapangan terbuka maka pada saat kita lakukan pengapalan ternyata kalorinya menurun sehingga untuk memenuhi spensitasi boilet mau tidak mau harus diblanding lagi, tambahnya. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.