IPM Jadi Tolak Ukur Keberhasilan Pembangunan

Lensapapua- Bupati Sorong Johny Kamuru mengatakan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan.

 

“Khususnya pembangunan sumber daya manusia, dan itu merupakan indikator yang amat  penting di bidang pendidikan,” ujarnya, saat menghadiri kegiatan rapat kerja pertama Fakultas Kedokteran Universitas Papua tahun 2020-2021 di Vega Hotel.
Senin (02/11/2020).

 

Menurutnya,  bidang pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Sorong,  sesuai dengan visi misi Pemerintahan Kabupaten Sorong di bawah kepemimpinan kami,  yaitu Kabupaten Sorong maju bersama, rakyat cerdas, sehat dan sejahtera di tahun 2022.

 

Mengingat,  masih banyak dibutuhkannya tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Sorong,  pemerintah terus melakukan terobosan untuk memfasilitasi pembangunan FK Unipa di Kabupaten Sorong.

 

Sementara itu,  indeks pembangunan manusia atau human development index Provinsi Papua Barat tahun 2019 masih rendah,  dibanding provinsi-provinsi lainnya di Indonesia,  yaitu sebesar 64,70%.

 

Menyikapi hal tersebut,  pemerintah memiliki rencana strategis dalam bidang pendidikan dengan memberikan peluang kepada perguruan tinggi,  khususnya fasilitas FK dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Unipa untuk berperan dalam menyiapkan SDM, yang mampu bersaing dengan daerah lain ke depannya.

 

Dalam pembukaan rapat kerja pertama ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sorong dengan Univeritas Papua,  dan juga dilakukan penyerahan plakat.

 

Ada pun jumlah peserta rapat kerja pertama terdiri dari non akademik sebanyak 82 orang, peserta Training of Trainer (TOT) sebanyak 36 orang, dan Lokakarya non akademik sebanyak 80 orang.

 

Sementara itu,  Rektor Unipa  Meky Sagrim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sorong, karena telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada perguruan yang dipimpinannya, baik kepada Fakultas Kedokteran maupun Fakultas Pertambangan dan Perminyakan.

 

Hadir dalam kegiatan ini,  Wakil Rektor Unipa, Kapolres Sorong AKBP Robertus A. Pandiangan,  Staf Ahli Bupati Bidang SDM Wa Ode Likewati, Ketua AIPKI Wilayah VI/Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Direktur RSUD Sorong Jhon Piet Wanane Kabupaten Sorong.(Bag. Prokopim/red/rim)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.