179 Orang Yang Dievakuasi dari Wamena Tiba di Biak

Lensapapua, Biak – TNI AU membantu evakuasi masyarakat korban kerusuhan yang terjadi di Wemena menggunakan Pesawat Herkules Alfa 1305 dan singgah/transit di Biak terlebih dahulu selama satu malam kemudian pada esok pagi langsung di terbangkan ke Makasar dan Jawa Timur, Selasa (1/10/2019).

Pesawat Herkules yang mengangkut 179 orang ini, tiba di Apron Lanud Manuhuan Biak pukul 17.44 wit, di jemput langsung oleh
Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono P, S.I.P beserta jajaran dan Komandan Korem (Danrem) 173/PVB Brigjen TNI Bahman beserta Jajaran.

Pangkoopsau III menjelaskan, TNI AU Membatu evakuasi korban kerusuhan Wamena untuk kembali ke beberapa daerah menggunakan pesawat Herkules milik TNI AU dan kali ini sebanyak 179 orang (termasuk anak -anak) yang tiba di Biak akan di tampung selama satu malam di mees Paskhas Biak dan esok pagi akan diberangkatkan ke Makasar dan Jawa Timur.

“Ada 179 orang saudara saudara kita yang kita bantu evakuasi dari Wamena, sembilan orang turun di Biak, 50 orang turun di Makasar dan 129 orang turun di Jawa Timur, malam ini kita akan tampung di mees paskhas Biak kemudian besok pagi akan melanjutkan perjalanan lagi ke Makasar dan Jawa Timur,” Ujar Pangkoopsau.

Pangkoopsau mengatakan, setelah melakukan koordinasi dengan dandrem dan pihak pemerintah daerah, masyarakat yang transit ini akan di tampung di mess paskhas Biak dan akan di fasilitasi dengan tempat tidur, Mck yang memadai serta logistik atau makanan yg cukup dan keperluan lainnya yang dibutuhkan.

“TNI AU akan semaksimal mungkin membatu saudara-saudara kita yang ada di Wamena baik yang memilih bertahan di Wamena atau yang akan dievakuasi ke luar Wamena, tentunya kita berharap kedepannya akan lebih baik, tuturnya.

Pangkoopsau III juga menghimbau kepada semua pihak untuk saling menjaga situasi dan kondisi yang ada, serta percayakan keamanan kepada aparat baik Porli maupun TNI.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.