banner 728x250

Satpol PP Jadilah Sebagai Teman Bagi Masyarakat “Bukan Jadi Lawan”

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

IMG_0607

Lensapapua  Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan  Kompetensi  dasar  yang dilaksanakan oleh Satuan  Polisi  Pamong Praja  (Satpol PP) Kabupaten Sorong, yang akan dilaksanakan dari tanggal 16-25/9-2013  Dengan diikuti 40 orang peserta,  turut dihadiri Kepala Satpol PP Provinsi Papua Barat dan Kepala Satpol PP Kota Sorong,  Resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sorong, Suko Hardjono,S.Sos M,Si. Senin 16/9,  di Aula  Diklat Kilo 8 Sorong.

Dalam arahannya  Wakil Bupati  menyampaikan Apresiasi nya kepada Kepala Kantor Satpol PP  Kabupaten Sorong yang telah melaksanakan kegiatan ini,  Dengan harapan  agar semua anggota Satpol PP dapat melaksanakan tugas dengan  baik serta dapat mengemban Amanah  serta aturan Undang-Undang yang sudah ada.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah  dan pasal 13 dan 14 huruf b dijelaskan bahwa Kepala Daerah mempunyai kewajiban  menyelenggarakan ketertiban Umum dan ketertiban Masyarakat, serta diperjelas lagi pada pasal 27 ayat 1 huruf c dijelaskan lagi bahwa Kepala Daerah mempunyai kewajiban,memelihara  ketenteraman dan ketertiban Masyarakat. Maka untuk memenuhi kewajiban tersebut, dibentuk lah Satuan Polisi Pamong Praja ( SatpolPP).Imbuhnya.

Satpol PP adalah salah  satu perangkat  Pemerintah Daerah yang diberikan  tugas untuk  membantu Kepala Daerah, mengawal pelaksanaan Perda, menyelenggarakan ketertiban Umum,memberikan ketenteraman  dan memberikan perlindungan bagi Masyarakat serta berkewajiban melakukan tindakan  non Yustisia terhadap warga Masyarakat.

Bagi Aparatur  atau badan Hukum yang melakukan pelanggaran atau peraturan Daerah atau peraturan Kepala Daerah perlu dibekali dgn pendidikan dan pelatihan dasar yang kompeten.Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri ( Permendagri)  Nomor 38 Tahun 2010 tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan  dan pelatihan dasar PolPP dimana dukungan untuk peningkatan kapasitas  dan profesionalisme PolPP dengan memberikan motivasi kerja dan pendidikan pelatihan kompetensi  dalam menangani masalah dilapangan, sehingga SatpolPP menjadi sosok yang professional yang dibutuhkan oleh Masyarakat.

Diharapkan kepada seluruh peserta agar kira nya dapat memberikan daya dukung dalam melaksanakan tugas-tugas Satpol PP yang lebih baik kedepan nanti nya.Serta melalui pelatihan dasar ini yang akan  dibekali dengan Tupoksi dari Satpol PP,  siap sebagai sosok Aparatur yang dibutuhkan Masyarakat sebagai teman, Bukan sebagai lawan. Pungkasnya.  ( Red )

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.