Plt Walikota Sorong Kukuhkan Tim Saber Pungli

Lensapapua–  Pemerintah Kota Sorong siap menyukseskan program Presiden dalam memberantas Pungutan liar, diawali dengan pengukuhan tim Sapu Bersih Pungli di Kota Sorong.

Keseriusan Presiden Joko Widodo dalam memberantas pungutan liar, ditindak lanjuti pemerintah Kota Sorong dengan membentuk dan mengukuhkan tim satuan tugas sapu bersih pengutan Liar (Saber Pungli) diwilayah hukum dan wilayah pemerintahan Kota Sorong, yang diamanatkan kepada Wakapolres Sorong Kota, Kompol Asp Bangbang sebagai ketua tim saber pungli Kota Sorong.

Pelaksana Tugas Walikota Sorong, Jakonias Sawaki, mengatakan tugas berat diemban oleh tim saber pungli, mengingat persoalan pungli telah menjadi persoalan nasional dan dibutuhkan keseriusan agar cita-cita untuk membersihkan praktik pungli disemua lini aparatur pemerintahan dapat terwujud.

Jakonias Sawaki juga menyerahkan dan mendukung penuh tim saber pungli melakukan pencegahan, penindakan dan penanggulangan terhadap tindakan pungli yang dilakukan oleh aparatur negara.

“Saya sampaikan kepada kita semua, Pungutan liar bukan saja menjadi masalah didaerah namun telah menjadi permasalahan secara nasional, dimana permasalahan tersebut harus disikapi dan diberantas sampai ke akar-akarnya, oleh karena itu saya berpesan dan memberikan dukungan agar tim yang dibentuk dapat melaksanakan tugas menyapu bersih pungutan liar di kabupaten sorong” ungkap Jakonias Sawaki saat mengukuhkan tim Saber Pungli di aula Samu Siret kota sorong, Kamis (29/12/2016).

Sementara, Ketua tim Saber Pungli, Kompol Asep Bangbang, menyatakan kesiapan dalam menyukseskan pemberantasan pungli di kota sorong, Asep Bangbang juga meminta dukungan dan partisipasi agar tindakan pungutan liar dapat diperkecil,

“Tugas yang pertama mengecek pungutan yang dilakukan sesuai dengan Penerimaan negara bukan pajak atau tidak di berbagai institusi, jika tidak sesuai itu masuk dalam kategori Pungli dan wajib kita tindak, ketentuannya juga mengatur jika dilakukan aparatur negara maka masuk kategori korupsi” ujar Asep Bangbang.

Pengukuhan tim Saber Pungli dilaksanakan di aula Samu Siret kota sorong, tim satgas terdiri dari keterwakilan kepolisian, Kejaksaan, Pegawai Pemkot Sorong, yang terbagi kedalam sejumlahh kelompok kerja dimulai dari pencegahan hingga penindakan kasus pungutan liar.(yud/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.