Published On: Sab, Des 1st, 2018

PKN Telah Hadir Di Biak


Lensapapua, Pemantau Keuangan Negara (PKN) di bentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menkumham : AHU-014646.AH.01.07 Tahun 2015, dengan tupoksi melakukan tugas investigasi dan pemantauan APBD/APBN dan Keuangan Negara maupun kinerja penyelenggaraan keuangan Negara.

Dengan dasar hukum UU no 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Kip), UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi, PP No 43 tahun 2018 tentang peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi dan SK Kemenkumham nomor AHU 001 4646 AH 0107 2015.

Untuk wilayah Papua tim PKN telah terbentuk di 5 Kabupaten kota yakni kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, kabupaten waropen, kabupaten Merauke dan Biak numfor, khusus untuk Biak Numfor baru saja terbentuk pada 26 November 2018.

Ketua PKN Biak Numfor Joey Nicolas Lawalata menjelaskan bahwa PKN terbentuk dari sebagian besar keinginan masyarakat yang ingin adanya transparansi keuangan dan Keterbukaan Informasi Publik kepada masyarakat.

“Selama ini kita melihat hanya penyampaian program dan penyampaian rencana pembangunan, pelaksanaan maupun cara-cara yang ditempuh pemerintah dalam hal melakukan perubahan dan pembangunan tetapi yang kita dapat untuk data keuangan itu sangat sulit untuk APBD dan APBN khususnya,” cetus Joey.

Menurutnya PKN terbentuk atas motivasi tersebut untuk membantu melakukan investigasi terhadap penyalahgunaan kewenangan dan penyalahgunaan anggaran yang terjadi di tingkat eksekutif, legislatif dan yudikatif serta semua lembaga publik yang mempunyai akses pada APBN dan APBD.

“Jadi kami dibentuk di Biak pada tanggal 26 November 2018, dengan email masuk terhadap SK pada tanggal 1 November 2018 untuk pembentukan tim PKN Biak,” ujarnya.

Tugas tim PKN Kabupaten/kota hanya melaksanakan investigasi, melakukan pelaporan data awal kepada pusat dan mengikuti persidangan tetapi tugas-tugas selanjutnya dalam hal atau pengambil keputusan pada satu pintu yaitu manajemen yang ada di pusat dan selanjutnya menunggu perintah sesuai dengan laporan Investigasi yang di lakukan di kabupaten. red

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>