banner 728x250

Paul Finsen Mayor: “Awas Tsunami Manusia, Tidak Boleh Rekrut Pegawai Dari Luar Papua!”

Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay, Mananwir Paul Finsen Mayor. Dok/red
banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Dengan disahkannya Papua Barat Daya menjadi daerah otonom baru, dipastikan perekrutan formasi CPNS akan dibuka secara besar-besaran dalam waktu dekat.

Perekrutan tersebut jika tidak dilaksanakan dengan cermat dikhawatirkan justru akan meningkatkan angka pengangguran di Tanah Papua.

banner 325x300

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay, Paul Finsen Mayor via telepon, Kamis (17/11/2022).

Kekhawatiran itu muncul lantaran sesuai instruksi Mendagri tentang perekrutan pegawai baru pada setiap daerah otonom baru sebanyak 1.000 orang, sedangkan saat ini masih banyak pengangguran di daerah.

“Banyak sarjana di tanah Papua yang belum mendapatkan pekerjaan. SDM banyak, kualitas sudah lebih baik dan layak jadi pegawai. Tidak boleh rekrut pegawai dari luar Tanah Papua,” tegas Paul Finsen Mayor.

Ia menilai kualitas SDM putra-putri asli Papua dan masyarakat yang mendiami tanah Papua sudah cukup tinggi dan jumlah yang melimpah.

“Dalam waktu dekat akan ada ‘tsunami’ manusia yang datang ke Tanah Papua, jika tidak hati-hati dalam melaksanakan pembangunan maka masyarakat adat hanya akan jadi penonton di negeri sendiri” kata PFM.

Pada kesempatan itu ia mengajak masyarakat Adat Papua untuk bersama-sama berjuang menjaga tanah, laut, dan hutan adat untuk mempertahankan eksistensi masyarakat adat Papua di masa mendatang.

“Dalam perjuangan masyarakat adat Papua, segala sesuatu harus kita perjuangkan,” pungkas Ketua DAP Wilayah III Doberay. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.