Panwaslu Gelar bimtek Bagi Panwas Distrik & PPL Se-Kabupaten Sorong

Peserta Bimtek Panwas distrik dan PPL se Kabupaten Sorong
Peserta Bimtek Panwas distrik dan PPL se Kabupaten Sorong

Lensapapua–  Dalam rangka pengawasan pemilihan gubernur/wakil gubernur Papua Barat bupati/wakil bupati Kabupaten Sorong tahun 2017, Panwas Kabupaten Sorong selenggarakan Bimbingan Teknis bagi 280 orang Panwas Distrik dan PPL se-Kabupaten Sorong Diaula STKIP Sorong. Rabu (11/1)

Dikatakan ketua Panwaslu Kabupaten Sorong, Petrus Aitrem, Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait aturan pengawasan pemilu, dikarenakan adanya beberapa perubahan peraturan KPU dan Bawaslu agar kedepannya pengawasan pemilu dapat berjalan dengan lebih baik.

Sesuai dengan hasil pengamatan bahwa propinsi Papua Barat merupakan wilayah yang paling rawan dalam pelaksanaan pemilu dan hal itu harus kita bantahkan dengan kinerja baik kita dalam melakukan pengawasan.

Mari bersama-sama kita jadikan pemilukada di Kabupaten Sorong ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten sorong yang telah memberikan dukungan anggaran walaupun adanya kendala-kendala dilapangan.ujar Petrus.

Proses pengawasan saat ini tetap dilaksanakan dengan baik melalui tindakan pencegahan-pencegahan dan kita telah menggunakan aplikasi resmi “sidalih” dalam penetapan DPT. beber Petrus.

Sementara Bupati sorong yang diwakili oleh Asisten III Setda Kabupaten Sorong, M.L. Malagam.S.Sos.M.Si., menghimbau kepada para peserta bimbingan teknis agar mengikuti setiap materi dengan baik, sehingga dalam pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan baik.

Janganlah memihak kepada salah satu pasangan kandidat dikarenakan Panwas merupakan salah satu badan independen yang harus menjaga netralitas demi kelancaran pelaksanaan pemilukada. himbaunya.

Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Bawaslu RI, Selama ini kita telah menggunakan standar pengendalian dan pengawasan agar panwas dan PPL dapat melaksanakan pengawasan dengan lebih maksimal.

Apabila panwas tingkat distrik dapat melakukan pengawasan dengan baik maka pelaksanaan pengawasan yang sesungguhnya telah berjalan baik, dikarenakan pengawasan berada ditingkat daerah sedangkan bawaslu pusat hanya sebagai pengendali.

Pada tanggal 15 pebruari 2017 adalah hari pelaksanaan pemilukada serentak 2017 dan merupakan awal dari permasalahan yang akan timbul sehingga para petugas dilapangan haruslah jeli dalam melakukan pengawasan.

Kami memberikan apresiasi kepada KPUD Kabupaten Sorong yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan diharapkan panwaslu Kabupaten Sorong juga dapat melaksanakan tugas dengan baik serta saling menjaga hubungan baik antara KPU dan Panwaslu sehingga pemilukada dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan Bimtek Panwas bagi distrik PPL sekabupaten Sorong merupakan salah satu indikator keberhasilan serta kelancaran pelaksanakan pengawasan pemilukada dan diharapkan akan menjadi contoh bagi kabupaten lain di propinsi Papua Barat.

Kegiatan bimbingan tehnis kepada Panwas Distrik dan PPL se Kabupaten Sorong merupakan salah satu upaya pihak Panwaslu  agar para petugas dapat memahami aturan yang berlaku dalam melaksanakan pengawasan pilkada serentak tahun 2017.

Hadir dalam kegiatan ini Musa Lazarus Malagam, S.Sos, Msi (Asisten III Setda Kabupaten Sorong) Adri B. Timban, SH (Kaban Kesbangpol Kabupaten Sorong).
AKP Rudi Ardiana, SH, Sik (Kasat Reskrim Polres Sorong). Marthinus A. Nassarany, SH (Ketua KPUD Kabupaten Sorong). Agustinus Simson Naa, ST (Komisioner KPUD Kabupaten Sorong Divisi Tehnis).
Agus Gofur (Bawaslu RI).
Petrus M. Aitrem, S.An (Ketua Panwaslu Kabupaten Sorong).
H. Jamin, SH (Komisioner Panwaslu Kabupaten Sorong Divisi Tehnis).
Yohanis Antoh, ST (Komisioner Panwaslu Kabupaten Sorong Divisi Hukum). RED

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.