Marga Suu Gugat Lahan Transmigrasi Sama Saja Menggugat Negara

Bupati Sorong, Johny Kamuru. Dok/red
Bupati Sorong, Johny Kamuru. Dok/red

Lensapapua–   Gugatan atas tanah ulayat milik keluarga marga Suu di Kabupaten Sorong oleh Pengadilan Negeri Sorong masih menyisakan persoalan, dimana keluarga Suu yang diwakili Soleman Suu tetap menuntut agar pemerintah membayar uang hak ulayat milik marga Suu atas penggunaan dan pemanfaatan lahan marga Suu untuk kegiatan transmigrasi sebagai program nasional pemerintah saat itu.

Bupati Sorong, DR. Johny Kamuru.SH. M.Si., menjelaskan gugatan yang dikabulkan oleh pihak pengadilan akan memberikan dampak bagi pemerintah, mengingat program tersebut merupakan program nasional.

 

Yang artinya jika gugatan dikabulkan sama artinya dengan sedang menggugat negara, apalagi program transmigrasi bukan hanya ada di Sorong melainkan ada dihampir seluruh daerah di Indonesia.

” Gugatan yang dikabulkan itu bagi kami pemerintah daerah sangat janggal, itu artinya sama dengan menggugat pemerintah pusat, progam transmigrasi ini dulunya program nasional peninggalan orde baru, kita semua ini bagian dari orde baru, jadi bagaimanapun ini merupakan sesuatu yang mengagetkan, dan kami juga akan mengambil langkah banding” kata Johny Kamuru, Senin (25/3/2019).

Johny Kamuru mengimbau kepada warga transmigrasi untuk tetap tenang, tidak perlu terprovokasi karena pemerintah daerah sedang mengambil langkah hukum atas gugatan tersebut. Kata Bupati. (Red/wk)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.