banner 728x250

Dewan Pengupahan Beri Rekomdenasi UMP 2015 Kepada Gubernur Papua Barat

banner 120x600
banner 468x60

peserta Bimtek Disnakertrans Kabsor

Lensapapua – Terkait dengan pemberitaan melalui beberapa  media massa yang menyebutkan UMP Papua Barat untuk  tahun 2015 sebesar Rp 2.015.000, perlu diklarifikasikan bahwa pada 27 Oktober lalu,  Dewan Pengupahan baru memberikan rekomendasi kepada Gubernur Papua Barat yang saat ini masih diproses melalui berbagai pertimbangan  dengan penetapan UMP tersebut, ungkap Kadisnakertrans Kabupaten Sorong Hermanus Rumwaropen, SH, MH di Aimas, Senin (3/11).

banner 325x300

Penetapan angka itu bisa tetap atau bisa turun tergantung  kebijakan dan berbagai kajian daripemprov.  Untuk itu, ia meminta kepada pihak perusahaan maupun para buruh  di wilayah Sorong Raya dan Kabupaten Sorong khususnya untuk bersabar, karena kita harus menunggu SK Gubernur Papua Barat.

Jadi,  sebenarnya angka itu belum final dan mengikat. Memang ada upaya untuk dinaikkan  UMP, tapi bukan sertamerta harus ada prosentasenya kan tidak ada, dan ada aturan yang mengaturnya ,” imbau Rumwaropen.

Standar yang digunakan adalah terdahulu dikaji  dulu harga pasar untuk kehidupan layak dari buruh. Kemudian  kita mempertimbangkan juga  dari kemampuan pihak daripada perusahaan, apakah bisa membayar atau tidak, tanyanya.

Yang terjadi di negara kita ketika itu ditetapkan maka akan diikuti dengan regulasi-regulasi moneternya. Kita kembali dengan berbagai pengalaman di tahun 1998 atau beberapa tahun belakangan ini begitu ditetapkan UMP, ketika  awal terjadinya krisis ekonomi dunia  langsung berimbas ke negara kita mempunyai pengaruh yang sangat besar.

Mengapa dikatakan punya pengaruh besar, begitu ditetapkan saat ini besok regulasi ekonomi keluar, dan rupiah kita jadi anjlok maka yang terjadi fluktuatif, sehingga akan berimbas pada kesenjangan yang cukup tinggi.

Dengan adanya hal itu akan terjadi pemutusan hubungan kerja yang besar-besaran, karena ketidakmampuan daripada perusahaan itu sendiri, dan itu yang kita takutkan, paparnya. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.