BPK-RI Perwakilan Papua Barat Lakukan Pemeriksaan Terperinci Atas Laporan Keuangan Pemkab Sorong

Lensapapua-  Ketua tim BPK-RI Perwakilan Papua Barat, Sigit,  menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan terperinci terhadap laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Sorong, sesuai agenda/program kerja rutin tahunan dari BPK.

 

Dikatakan Sigit pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap beberapa pimpinan OPD, bendahara pengeluaran dan pihak-pihak lain yang terkait dalam pengelolaan keuangan daerah, dan telah melakukan pemetaan dibeberapa titik untuk pekerjaan fisik. Untuk itu Sigit mengapresiasi para pimpinan OPD yang begitu responsive dalam memberikan data serta kesiapan melakukan pendampingan dalam pemeriksaan fisik, ungkap Sigit.

 

Adapun tujuan pemeriksaan terperinci yang akan dilakukan BPK Papua Barat, kata Sigit untuk menguji kesesuaian LKPD dengan standar akutansi pemerintahan, untuk itu kami harapkan kerjasama para OPD dapat menyiapkan data-data kelengkapan penyusunan  laporan keuangan pemerintah daerah, baik itu akun dineraca laporan realisasi anggaran, laporan konfensional, LPE dan laporan perubahan.

 

Menurut Sigit setelah dilakukan beberapa croscek awal, ternyata masih banyak penjelasan dan rincian yang dibutuhkan, sehingga diminta kepada masing-masing OPD untuk menyiapkan laporan secara terperinci, terutama yang menyangkut asset.

 

Kemudian kata Sigit, pihaknya juga membutuhkan kecukupan pengungkapan, karena kecukupan pengungkapan dilaporan keuangan pemerintah daerah meliputi ‘catatan atas laporan keuangan baik itu rincian asset, utang, piutang dan lain sebagainya yang terkait. karena laporan keuangan pemerintah daerah adalah transaksi tahun 2018 maupun tahun-tahun sebelumnya, jelas Sigit.

 

Untuk itu, kata Sigit BPK-RI Perwakilan Papua Barat meminta kepada seluruh OPD yang ada dilingkungan pemerintah Kabupaten Sorong, agar dapat menyiapkan kelengkapan segala data-data yang dibutuhkan, sehingga didalam melakukan pemeriksaan nantinya tidak menemui kesulitan, dan predikat WTP yang telah diraih pemerintah Kabupaten Sorong selama 5 kali berturut-turut bisa dipertahankan, pungkas Sigit.  red

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.