Arti Pentingnya Arsip Sebagai Akuntabilitasi Kinerja Dan Memori Kolektif

20141111_093228

Lensapapua– Kantor perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Sorong gelar sosialisasi Peraturan Bupati Sorong Nomor 14 tahun 2014 tentang Jawdal Retensi Arsip (JRA) bidang keuangan, bagi sekretaris Dinas, Badan, RSUD dan Kasubag tata usaha serta para staf kantor Perpustakaan dan Arsip daerah dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sorong, secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sorong Suko HardjonoS,Sos.M,Si. Selasa (11/11)

Dalam sambutan Bupati Sorong yang dibacakan oleh Wakil Bupati memaparkan bahwa, Arsip maupun pengarsipan memiliki peran penting dalam pelaksanaan Good Governance, Karena masyarakat sudah semakin memahami arti sebuah transparansi dan pertanggungan memori kolektif Arsip sebagai bahan Akuntabilitasi kinerja dan memori kolektif, jelas Wakil Bupati.

Dilanjutkan, bahwa penyelenggaraan Arsip perlu dilakukan secara konsisten dalam bingkai kebijakan secara nasional, karena ini merupakan tindaklanjut dari Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, yang tentunya harus didukung oleh sumber daya manusia ( SDM ).

Pengelolaan Arsip mempunyai nilai dan arti yang penting untuk diselamatkan, karena jika terjadi pengabaian atas fungsi Arsip bagi satu bangsa, maka proses kehidupan berbangsa, baik mengenai keberhasilan maupun kegagalan dalam satu Negara, tidak akan bisa diungkap kembali, tuturnya.

Dengan demikian, sebagai pemerintah daerah saya sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, dengan harapan dapat memberikan masukan dan pengetahuan baru kepada peserta mengenai dasar-dasar ilmu tentang JRA keuangan dan sekaligus penyusunan pembukuannya, serta diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti dengan baik, dan kelak dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dilingkungan kerja masing-masing, kata Wakil Bupati. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.