Apel Gabungan Aparat Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu

Pemeriksaan Barisan peserta upacara oleh Kapolres Sorong AKBP Muh Anwar Nasir

Lensapapua – Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu 2014, yang diikuti jajaran Korem 171/Praja Vira Tama  Polres Sorong, Polres Sorong Kota, Kodim 1704, Yonif 752/Vira Yudha Sakti, Zemi  Zipur, Satuan Brimob , dengan Inspektur Upacara Kapolres Sorong AKBP Muh Anwar Nasir, S.Ik. Kegiatan  tersebut berlangsung di alun-alun Aimas, Jum’at (4/7).

Dijelaskan Kapolres Sorong, bahwa pemilu adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, jujur, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil dalam kerangka NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, ujarnya.

“Kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan  pemilu tersebut memerlukan dukungan  aspek keamanan yang harus dipersiapkan  secara cermat dengan memperhatikan  segala kemungkinan ancaman, gangguan yang dapat terjadi dan perlu diantisipasi agar tidak mempengaruhi kelancaran proses pemilu presiden dan wakil presiden,”kata Kapolres Anwar Nasir.

Situasi keamanan di tingkat nasional  menjelang pelaksanaan pemilu tersebut masih diwarnai dengan pro dan kontra tentang status kampanye hitam  adalah kampanye politik  dengan tujuan untuk menjatuhkan lawan politiknya.

Kampanye hitam dapat saja berupa fitnahan yang terkadang mengandung suku ras, agama (Sara) dan merupakan salah satu alat yang paling berpengaruh melalui media massa, baik cetak dan elektronik maupun melalui jejaring sosial (facebook), internet   demi untuk memenangkan suara, katanya.

Ia menambahkan situasi tersebut merupakan wajar saja dalam hal berdemokrasi yang diselenggarakan dalam tatanan koridor perundang-undangan dan hukum yang berlaku. Meskipun sulit dihindari muncul dan prinsip konflik kepentingan antara satu pihak dengan pihak lainnya  sehingga dapat mempengaruhi terganggunya stabilitas keamanan, sosial, politik, ekonomi  secara nasional yang bisa berimbas di Kabupaten Sorong, Kota Sorong dan Kabupaten Tambrauw.

Sejalan dengan sistim penyelenggaraan politik pemilu presiden dan wakil presiden yang demokratis yang senantiasa menghormati keragaman politik serta menjunjung tinggi supremasi hukum dan HAM serta mewujudkan tranparansi maka Polri, TNI dan instansi terkait  mempunyai kewajiban untuk mengamankan  kegiatan momen besar nasional tersebut.

Dengan demikian akan mampu mengantarkan warga Negara yang mempunyai hak pilih  dan terdaftar sebagai pemilih  agar dapat memilih dalam menyalurkan suaranya nanti. Dengan harapan dapat menentukan hak pilihnya secara demokratis, adil, aman, tertib, lancar, dan sukses.

Turut hadir Wakil Bupati Sorong, Suka Hardjono, S.Sos, M.Si, Kasrem 171 Kolonel Infanteri Hamdan Ali Bogra, Kapolres Sorong Kota AKBP Goldenhardt, S.Ik, M.Si,  Dandim 1704 Letkol Infanteri Rahman Yadi,  petinggi TNI, Polri, Ketua KPU Kabupaten Sorong Marthinus A. Nassarany, Ketua KPU Kota Sorong, serta tamu undangan. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.