9 OPD Dilingkup Pemkab Sorong Belum Serahkan Data LAKIP

Lensapapua – Sebanyak  9 0rganisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sorong yang belum mengirimkan data Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) ke website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) untuk segera meng-input datanya.

 

Demikian disampaikan Sekda Kabupaten Sorong Mohammad Noer Said,  dalam arahannya pada apel pagi bersama OPD, Jum’at (4/5) di Aimas.

 

Kesembilan OPD dimaksud masing-masing ada 5 dinas, 3 badan dan  satunya lagi pada di lingkungan Setda, urainya.

 

Lanjutnya,  dari Kemen PAN-RB masih memberi kesempatan bagi daerah yang belum mengirimkan data Lakip sampai 7 Mei mendatang.

 

Adapun manfaat disusunnya Lakip bagi pemerintah daerah yakni,  peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan Pemda, meningkatkan kredibilitas dan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah, mengetahui dan menilai (mengevaluasi) keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab Pemerintah Daerah.

 

Selain itu, sebagai sumber informasi untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan program dan kegiatan dalam rangka peningkatan kinerja Pemda secara  berkesinambungan, sebagai dasar penyempurnaan dokumen perencanaan tahun berikutnya serta mendorong Pemda untuk melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan fungsinya secara baik dan transparan, serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, sebut Noer Said.

 

Ia berharap kepada semua OPD yang ada di daerah ini untuk selalu proaktif dalam berbagai tugas dan tanggung jawabnya, dengan baik agar semua bentuk kegiatan dan system pelaporannya dapat diselesaikan tepat waktu sesuai harapan, tambahnya. (Rim/red)

Berita terkait

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.