Published On: Sab, Nov 17th, 2018

Kampung Anjareuw Biak Jadi Kampung Tertib Berlalulintas

Lensapapua, Kasat Lantas Polres Biak Numfor AKP Andhika Temanta Purba,S.I.K. yang di wakili oleh Ipda Mulyani (Kaur Bin Ops Lantas) meresmikan Kampung Anjereuw Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor sebagai Kampung tertib Berlalulintas, pada Sabtu (17/11/2018).

Kampung Anjareuw sudah dipilih berdasarkan data-data dan kepadatan penduduk, kemudian kerjasama kepala kampung itu sendiri yang sudah bersedia untuk memberikan tempat sehingga untuk kedepannya kampung anjareuw ini di jadikan percontohan, Demikian kata
Ipda M. Bagus Irianto, SE (Kanit Regident Lantas).

“Intinya kampung ini merupakan kampung yang pertama kita bentuk menjadi kampung tertib berlalulintas, sehingga kedepannya banyak hal-hal yang kita harus dibenahi khususnya masalah tertib berkendaraan juga masalah jalan dan kampung ini akan dijadikan contoh kedepannya,” tuturnya.

Kedepannya diharapkan untuk kampungan Anjareuw ini mulai dari sekarang harus mulai berubah lebih tertib, karena nanti ada mou atau kerjasama dengan Satlantas Polres Biak sehingga lebih jelas, dan untuk masyarakat disini bisa menjadi contoh bahwasanya harus tertib berkendara sehingga kampung lain bisa meneladani.

Sementara itu Aiptu Muhammad Ruslan (Kanit Dikyasa Lantas) juga menambahkan untuk tindak lanjut ke depan satlantas Biak akan membuat rencana-rencana atau program-program secara bertahap, untuk itu nanti akan bekerjasama dengan Pemda melalui Dinas Perhubungan untuk pengadaan semacam rambu dan marka jalan, selain itu juga akan terus diadakan sosialisasi kepada masyarakat setempat karena akan memberikan contoh kedepan nanti.

“Misalnya sosialisasi tentang undang-undang, tentang pelanggaran dan sanksi pelanggaran, sebelumnya juga kita akan mendirikan pos yang akan kita kunjungi setiap hari, jadi yang jelas fokus untuk pembentukan kampung tertib lalu lintas ini nanti sosialisasinya ke masyarakat akan kita lakukan terus-menerus menerus bila perlu kita akan langsung ke rumah ke rumah,” ujar Ruslan.

Menurut Ruslan, jika kita akan membentuk Kampung ini agar tertib berlalulintas, berarti masyarakat harus sadar penuh dalam menjadi contoh bagi kampung yang lain.

Disisi lain, Kepala kampung Anjareuw, Sampary Bonggoibo menyampaikan apresiasi untuk satlantas Polres Biak yang telah memilih kampung Anjareuw sebagai kampung tertib berlalu lintas, jadi dari sini kita bisa mengambil tindakan bagaimana ke depan nanti para masyarakat kampung untuk tertib berlalu lintas.

“Sekaligus kami bisa memberikan pengertian buat para penerus atau para pemuda kita bagaimana berlalulintas, bagaimana persyaratan atau kelengkapan kelengkapan berkendara di kendaraan masing-masing itu sangat penting untuk bisa memberikan contoh kepada warga lain atau pemuda pemuda yang lain agar ke depan nanti kita bisa menjaga keselamatan kita sendiri,” ucapnya.

Sampari menghimbau kepada warga kampung agar gunakanlah helm sebagai pelindung kepala karena dari kepolisian saja sudah peduli dengan keselamatan dan kesehatan kita, jadi kita secara pribadi juga harus peduli dengan keselamatan kita, satlantas memberikan aturan ini justru karena mereka peduli terhadap kita.

“Bagi yang belum melengkapi surat-surat kendaraan, segera dilengkapi, tertiblah berkendara, jauhi miras, jangan ugal-ugalan atau mengganggu kenyamanan pengendara yang lain,” katanya.

Ia menambahkan, berikut langkah-langkah yang akan di lakukan ke depan yaitu melalui pembinaan atau rapat pertemuan dengan masyarakat kampung, rt/rw dan juga tokoh-tokoh masyarakat, pemuda dan agama.

“Sekali lagi untuk warga kampung Anjereuw, marilah kita saling menjaga dan memperhatikan keselamatan kita dalam berkendara tentunya kita akan menjadi pelopor dan kegiatan ini akan berkesinambungan bagaimana kita memberikan pemahaman kepada masyarakat agar kita sebagai cermin atau contoh yang baik dalam berkendara dan beraulintas,” Pungkas Kepala Kampung Anjareuw. red

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>