Wujudkan Pers Yang Sehat didaerah Dengan Sinergitas Pada Beberapa Stakeholder

Elvianus Baransano (Baju biru)

Lensapapua–  Kegiatan Workshop bagi seluruh wartawan se-Sorong Raya sebagai tindaklanjut dari HUT Pers yang telah dilaksanakan pada bulan Pebruari yang lalu.Dilaksanakan di Hotel Aquarius Aimas Kabupaten Sorong, Kamis 24/4. Oleh panitia HUT Pers Nasional ke-68.

Dengan mengusung Thema “Workshop profesionalisme wartawan dan peranserta masyarakat dalam mewujudkan Pers yang sehat di Sorong Raya”.

Artinya bahwa untuk mewujudkan Pers yang sehat tidak cukup hanya dari perusahaan Pers dan wartawannya saja, akan tetapi dibutuhkan sinergitas dari beberapa stakeholder,seperti pemerintah sebagai pemangku kepentingan,Swasta/pengusaha,masyarakat dan dari pers itu sendiri.

Mekanisme sinergitas juga sangat penting, Pers harus dapat melihat kekuatan,kelemahan  Pers serta harus dapat menangkap peluang yang ada.Seperti membuat satu kerjasama dengan pemerintah daerah dengan menyiapkan beberapa halaman untuk Iklan atau pemberitaan dari daerah tersebut,dengan tidak mengintervensi urusan kedalam redaksi dari media tersebut.Kata Elvianus Baransano Mantan kepala RRI Sorong sekaligus wartawan senior,saat membawakan materi tentang “Membangun Pers yang sehat di daerah”.

Lebih lanjut Baransano menjelaskan bahwa sebagai Jurnalis tentu banyak resiko yang dihadapi dilapangan,akan tetapi jika didalam melaksanakan tugas Jurnalis selalu mengedepankan kode etik jurnalis tentu kita akan terhindar dari hal-hal tersebut.Katanya.

Sebagai insan Pers kita dituntut untuk lebih professional didalam menyajikan pemberitaan yang factual,akurat serta berimbang,agar tidak merugikan oranglain.sebagai salah contoh,sebelum menyajikan pemberitaan pada khalayak umum terlebih dahulu kita harus mengkonfirmasi berita atau informasi tersebut kepada yang bersangkutan tentang kebenarannya.Barulah dapat di publikasikan.Bebernya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri unsur TNI/POLRI,Wakil Bupati Sorong, perwakilan dari Kejaksaan dan Pengadilan negeri serta SKPD dari Kabupaten Sorong serta undangan lainnya. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.