banner 728x250

Warga Ikmal Harus Pahami AD/ART Organisasinya

banner 120x600
banner 468x60

Frans Dewana

Lensapapua – Sesepuh Ikmal (Ikatan Keluarga Maluku) Kabupaten Sorong Frans Dewana,  meminta warga yang tergabung dalam kerukunan ini harus benar-benar memahami anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi.

banner 325x300

 “Artinya, kesepakatan dalam organisasi sosial kemasyarakatan tidak sama dengan perusahaan pribadi,”imbaunya, di Aimas, Sabtu (13/6), pada acara pengukuhan pengurus Ikmal di daerah ini periode lima tahun ke depan.

 “Kalau perusahaan pribadi, apalagi sejak dari orang-orangtua  atau nenek moyangnya bisa berlanjut untuk pimpin perusahaan bisa seumur hidup. Tapi yang namanya organisasi, dia ada batas waktunya, sehingga hal ini perlu diperhatikan oleh para organisatoris masyarakat Maluku yang kita cintai bersama,” tuturnya.

 “Ia khawatir, jangan sampai organisasi sama dengan perusahaan punya sendiri. “ Tentu sebagai pengurus harus sadar juga, bahwa yang kita pimpin ini adalah manusia dengan berbagai latar belakang khususnya, yakni masalah temparemen masing-masing, dan biasanya walaupun tidak selalu di dalam tiap organisasi apapun, termasuk organisasi TNI/Polri maupun lembaga lainnya ada saja pohon-pohon terkenal.

 Nah, pohon-pohon terkenal ini selalu saja minta diperhatikan. “Kalau kurang perhatian, maka mereka membuat ulah, dan  pada kesempatan ini saya mengajak kepada jajaran pengurus agar tetap menjadi perhatian utama adalah program kerja yang telah disetujui bersama harus tetap jalan,”pintanya.

 Tujuan utama berdirinya Ikmal Kabupaten Sorong untuk mempererat kekeluargaan atau tali silaturahmi masyarakat Maluku di daerah ini. Lalu bersama dengan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk membangun daerah ini, sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah setempat.

 “Lebih bijak, kalau organisasi kemasyarakatan yang ada mendukung berbagai kebijakan pemerintah daerah, dan jangan kebijakan-kebijakan itu disoroti serta ditanggapi secara negatif saja. Apalagi dimediamasakan,”tegasnya.

 Ikmal ke depan, lebih bijak mendukung bersama organisasi kemasyarakatan lainnya memberikan saran tertulis serta dukungan kepada pemda setempat. Pengalaman Ikmal selama satu dekade, hendaknya lebih mendewasakan para pengurus masyarakat Maluku untuk lebih mempererat tali silaturahmi antara internal ikatan maupun menjalin hubungan baik dengan berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya di Kabupaten Sorong, dan lebih khusus lagi bersama masyarakat Malamoi maupun masyarakat Papua umumnya. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.