banner 728x250

Seni Budaya Bisa Bernilai Ekonomi

banner 120x600
banner 468x60

Stepanus Malak.Bupati Sorong

Lensapapua – Bupati Sorong Dr. Drs. Stepanus Malak, M.Si mengatakan nilai budaya suatu daerah sebagai warisan bagi generasi kita di masa yang akan datang. Dengan adanya ini, kata Bupati Malak adalah untuk mentransformasikan nilai budaya kita pada suatu perubahan hidup manusia dalam kapasitasnya yang terus berlanjut, sesuai dengan kebutuhan, ujarnya di Aimas, Kamis (22/1).

banner 325x300

“Nilai budaya bisa menjadi tuntutan pasar yang bernilai ekonomi melalui berbagai karya yang ada. Maka dengan adanya kaitan seperti itu,  sangat dibutuhkan peran aktif kita bersama yang lebih khusus sanggar yang memiliki potensi seperti ini,”ujarnya.

Kita ketahui bahwa kegiatan-kegiatan budaya melalui berbagai karaya seni, seperti seni tari, seni suara, seni ukir, dan lain sebagainya, bahkan hingga pada nilai budaya melalui visual.  Ya, mungkin saja kita melihat secara kasat mata biasa-biasa saja, tapi kalau setelah dipotret akan menghasilkan karya seni.

Lanjutnya, nilai-nilai itu bisa juga dituangkan melalui karya tulis atau dalam bentuk yang lain yang diceritakan dalam suatu buku maka nilainya akan semakin tinggi. Jadi, hal seperti ini akan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman, yang bentuknya secara tradisional dan alamiah yang dituangkan dalam gagasan berfikir secara obyektif dan nyata.

Karya-karya tulis tersebut bisa saja dituangkan dalam imaginasi melalui nilai seninya. Dari benda yang sebelumnya itu bagaimana bisa menjadi sesuatu yang  memiliki nilai karakteristik terhadap nilai tersebut.  (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.