Site icon Lensapapua.com

Rico Sia: “Pemerintah Daerah Wajib Belanja Produk Lokal”

Lensapapua, Anggota DPR RI Komisi VII Rico Sia melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sorong, Selasa (11/10/2022).

Dalam kunkernya itu Rico Sia meninjau pasar kreatif yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Sorong di Aimas.

Rico menyatakan kagum terhadap inovasi yang ditampilkan oleh para pelaku UMKM di pasar kreatif tersebut.

“Ini sangat positif untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah. Selain itu kreatifitas UMKM di sini juga akan sangat menunjang peningkatan daya saing dan nilai jual produk,” akunya.

Ia menjelaskan, faktor penentu kebangkitan UMKM adalah pasar. Dan hal itu akan sangat sulit dilakukan sendiri oleh pelaku UMKM.

“Sesuai perintah Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, saya mendorong pemerintah daerah di Papua Barat agar membelanjakan sebagian APBD-nya pada produk lokal di daerah masing-masing,” jelasnya.

Salah satu pose endorsement Rico Sia terhadap produk lokal di Kabupaten Sorong. Dok/red

Dengan demikian satu pasar potensial terbuka secara otomatis bagi para pelaku UMKM. Tentunya pembukaan pasar produk lokal secara luas masih menjadi tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah.

“Untuk itu, pemerintah daerah sudah seyogyanya tidak hanya memberikan pelatihan, bantuan stimulus, dan fasilitas sarana prasarana saja. Tetapi utamanya adalah seluas-luasnya pasar untuk menjual produk mereka,” pintanya

Pada kesempatan itu Rico Sia menyerahkan bantuan kepada kelompok UMKM di Kabupaten Sorong dan membuat konten singkat untuk mempromosikan (endorse) produk lokal secara gratis. red

Exit mobile version