Potensi Sumber Daya Kelautan Sebagai Potensi Penggerak Perekonomian Nasional

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua –  Indonesia merupakan salah satu  negara maritim terbesar di dunia yang  memiliki luas wilayah laut mencapai 2/3 dari luas daratan.

banner 325x300

 

Dengan luas laut yang  begitu besar tersimpan potensi  kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan, jadi sudah seharusnya potensi  tersebut dapat digunakan sebagai penggerak sumber perekonomian nasional, ujar Bupati Sorong, melalui Staf Ahli Bidang SDM (Sumber Daya Manusia) Dr. Waode Likewati, saat launcang aplikasi website Dinas  Perikanan daerah setempat, Jum’at (18/1) di Aimas.

 

“Besarnya potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang  dimiliki  bangsa  ini harus dapat dinikmati dan dimanfaatkan  ke warga negaranya sendiri.

 

Untuk itu, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menerapkan beberapa strategi kebijakan, dengan tujuan meningkatkan kemandirian dalam  mengelola  sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan  dengan kesejahteraan  masyarakat terutama yang bagi mereka yang berada di sekitar daerah pesisir,” ujar Waode.

 

Melihat potensi perikanan yang begitu besar maka diperlukan adanya upaya pengelolaan dalam kegiatan  pemanfaatan sumber daya perikanan.

 

Upaya tersebut diharapkan  dapat membantu nelayan dan pengguna lain untuk meningkatkan hasil tangkapan dan produksi budi daya dengan tidak mengganggu potensi kelestarian sumber daya di perairan serta menghindari terjadinya kerusakan stock sumber daya perikanan, seperti penangkapan berlebihan (overfishing), dan mencegah  sedini mungkin penangkapan ikan dengan menggunakan alat atau bahan yang bersifat merusak seperti penggunaan potasium, dan sebagainya, karena dengan cara demikian  yang akan berdampak terhadap kerusakan lingkungan, sebutnya.

 

Penangakapan ikan secara bertanggung jawab dapat dilakukan secara sistem informasi. Informasi tersebut akan menjadi bahan dasar dalam usaha memperoleh data tentang kondisi sumber daya yang terdapat di perairan secara kuantitatip dan kualitatip.

 

Begitu pula penyediaan informasi melalui website yang pada masa sekarang ini menjadi suatu  hal yang harus dimiliki oleh instansi pemerintahan dalam menyediakan dan menyebarluaskan  informasi kepada masyarakat.  “Apa yang dilakukan oleh Dinas  Perikanan Kabupaten Sorong adalah menyediakan informasi secara online sudah sepatutnya mendapatkan apresiasi dan seharusnya  dapat dijadi contoh oleh OPD (organisasi perangkat daerah) lainnya.”pinta Bupati Sorong.

 

Saya berharap dengan adanya pelayanan sistem informasi portal website Dinas Perikanan ini  agar dapat membantu para nelayan Kabupaten Sorong untuk meningkatkan hasil tangkapan dan produksi budi daya, dengan tidak mengganggu potensi kelestarian sumber daya di  perairan serta menghindari kerusakan sumber daya perikanan.

 

Akhirnya, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan resmi saya atas nama Bupati Sorong me-launching informasi layanan  terpadu melalui  portal website Dinas Perikanan (www.sipekan.id) agar dapat dipergunakan oleh masyarakat dan stekholders lainnya, terkait pengelolaan sumber daya perikanan di daerah ini, dengan menepuk tifa sebanyak 5 kali. (Red/rim)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.