banner 728x250

Pengarsipan Dalam Bentuk Elektronik Data Mengefisienkan Ruang Dan Waktu Bagi Pengelolanya

banner 120x600
banner 468x60

20141111_102837

Lensapapua– Wakil Bupati Sorong, Suko Hardjono, S,Sos.M,Si. Mengatakan menyangkut ruang, tempat untuk Arsip perlu mendapat lokasi/tempat gedung yang jelas, sehingga keamanan/safety  tersebut bisa aman dan dikelola dengan baik, katanya usai pelaksanaan kegiatan sosialisasi Jadwal Retensi Arsip dihotel Handayani Aimas. Selasa (11/11)

banner 325x300

Selain dari pada itu, pengarsipan disetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga perlu adanya sarana pendukung lainnya,  sebagai pelaksana yaitu sumber daya manusia (SDM) yang memadai, sehingga sosialisasi pengarsipan ini sangat penting dilaksanakan agar dapat memberi sedikit pemahaman, pengetahuan bagi SDM yang nantinya akan mengelola pengarsipan ini, dan tidak kalah penting juga pembiayaan  untuk mengelola pengarsipan itu sendiri, oleh karena itu, empat hal diatas merupakan kunci baik tidaknya pengelolaan Arsip tersebut, jelas Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, jika pengelolaan Arsip ini bisa lebih dipercanggih dengan menggunakan teknologi modern/elektronik data, maka dimungkinkan akan lebih mengefisienkan ruang dan waktu bagi pengelolanya, bahkan juga bisa lebih mempersempit ruangan maupun ketahanan Arsip tersebut, kapan file Arsip itu dibutuhkan tinggal kita print atau scan saja, bebernya.

Oleh karena itu khusus di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sorong ini, pengarsipan sangat penting dilaksanakan terutama yang menyangkut Asset daerah, karena Asset persoalan Asset selama ini cukup pelik dan kompleks yang harus diselesaikan agar jangan menjadi temuan dikemudian hari, seperti hasil temuan BPK-RI perwakilan Papua Barat tentang Asset Pemkab Sorong.

Dengan demikian, kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi kearsipan ini diharapkan agar dapat lebih memahami semua materi-materi yang disampaikan oleh narasumber, untuk dapat diimplementasikan dalam tugas masing-masing dibidang kearsipan daerah ini, juga kepada kepala kantor Arsip Kabupaten Sorong, diharapkan untuk bisa mengikuti kemajuan-kemajuan teknologi agar bagaimana Arsip tersebut bisa disimpan dalam bentuk lain, jangan hanya disimpan dalam bentuk kertas saja, himbau Wakil Bupati. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.