Pemkab Sorong Bekerjasama Dengan Deputi Reformasi Birokrasi Gelar Coaching Clinic LAKIP

Lensapapua-   Dalam rangka penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Pemkab Sorong bekerjasama dengan Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, MENPAN-RB, menyelenggarakan Coaching Clinic LAKIP yang dilaksanakan di gedung Menpan, Rabu (20/3-19).

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Sorong  Ir. Moh. Said Noer menyampaikan perhomonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Sorong dalam mengikuti kegiatan ini, berhubung Bupati Sorong, Johny Kamuru sedang melayat kerumah duka mantan Bupati Sorong Jhon Piet Wanane. “Sebagai Bupati yang telah memekarkan beberapa daerah tentu kami harus menyampaikan penghormatan terakhir”, jelas Sekda.

Lanjut dikatakan Sekda, SAKIP adalah Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang tertuang dalam pertauran Presiden nomor 29 tahun 2014, suatu sistim tentang perencanaan penganggaran yang harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

Pelaksana perencanaan dan penganggaran dimaksud adalah SDM dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), maka jika sistim ini dikelola dengan baik, serius  dan sungguh-sungguh , tentu dalam penyusunan laporan kinerja juga akan berakhir dengan baik. “Dan sebuah nilai dalam Sakip akan dapat dicapai apabila kita mempunyai kesungguhan dan keseriusan dalam melaksanakannya”. Terang Sekda.

Olehnya itu diharapkan seusai pelaksanaan kegiatan ini kepada masing-masing OPD dapat membuat LAKIP secara sistematik sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Apabila Lakip dari masing-masing OPD berbeda dengan apa yang diharapkan oleh Bupati, maka ibarat kata akan ‘jauh api dari panggangan’,” kata Said Noer.

Menurut Said Noer, jika seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkab Sorong bersinergi, maka akan sesuai dengan apa yang kita harapkan dan harapan dari deputi. “Kabupaten Sorong harus bisa mendapatkan nilai B”. tegasnya.

Dihadiri 83 peserta  dari seluruh OPD dan staf penyusun rencana di lingkup Pemerintah Kabupaten Sorong, Coaching Clinic LAKIP dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Sorong, Ir. Moh. Said Noer, M.Si. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.