banner 728x250

Pembangunan PLTA Warsamson Penuhi Kebutuhan Masyarakat

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

IMG_1233

Lensapapua– Pembangunan  Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Warsamson Distrik  Makbon Kabupaten Sorong, maupun PLTA lainnya,  merupakan solusi untuk menekan  biaya penggunaan bahan bakar minyak (BBM) Bersubdi.

Penyampaian Nasaruddin, pemrakarsa kegiatan  dan juga utusan dari PT PLN  (Persero) Unit Induk Pembangunan XIV, itu terkait  dengan rapat analisa dampak lingkungan yang merupakan tahap awal yang dilakukan  terkait rencana pembangunan PLTA tersebut, disamping ada beberapa tahap lanjutan lainnya.

Dengan adanya PLTA ini, tentunya akan mengurangi pemakaian BBM Bersubsidi. “Dengan demikian, segala pembiayaan operasionalnya bisa dieliminir,” katanya, Selasa (22/10).

PLN Unit Induk Pembangunan XIV yang membawahi 4 provinsi, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara itu,  dalam misi tugas utamanya membangun kebutuhan infrastruktur listrik, yang salah satunya PLTA Warsamson.

Tujuannya,  untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat baik yang ada di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong, serta menjamin ketersediaan tenaga listrik dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik, dan harga yang wajar.

Dalam kegiatan ini, kata Nasaruddin, pihaknya melakukan kerjasama dengan Unhas Makassar untuk menyiapkan berbagai dokumen yang terkait dengan analisa dampak lingkungan (Amdal).

Ada beberapa tahapan kegiatan potensial yang menimbulkan dampak di mana tahap prakonstruksi terkait dengan survei dan penentuan lokasi, pembebasan lahan, relokasi penduduk, sedangkan tahap konstruksi, yakni mobilisasi tenaga kerja konstruksi, mobilisasi peralatan dan material, pembuatan jalan akses dan relokasi jalan.

Sementara untuk tahap operasional terkait dengan masalah operasional bendungan dan waterway, operasional powerhouse. (Rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.