Published On: Ming, Okt 21st, 2018

HAK PENGELOLAAN HUTAN DESA DI KAWASAN KAMPUNG WOLOIN

Lensapapua, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) wilayah Maluku dan Papua, berkunjung ke Kampung Woloin Distrik Seremuk Kabupaten Sorong Selatan, Sabtu (20/10/2018).

Kedatangan tim pskl Ini Bertujuan untuk melakukan pertemuan dengan masyarakat terhadap Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) yang di usulkan melalui lembaga pemanfaatan hutan desa.

Masyarakat Kampung Woloin bersedia untuk melakukan kerja sama dengan perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan, guna mengelola hutan desa yang wilayahnya sudah di sediakan oleh masyarakat kampung woloin.

Berdasarkan hasil pertemuan perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan dengan masyarakat Woloin maka, PSKL akan melanjutkan berkasnya ke jakarta, kepada Menteri untuk diverifikasi, apabila berkasnya dinyatakan layak, maka PSKL akan dibantu oleh pokja Provinsi Papua Barat untuk berkunjung lagi ke Kampung Woloin.

Guna verifikasi teknis dan berkas Asli, serta meninjau langsung wilayah hutan desa milik Kampung Woloin yang sudah disediakan oleh masyarakat maka PSKL dan pokja akan verifikasi berkas apabila dinyatakan layak maka berkasnya akan dibawa ke jakarta untuk dikeluarkan  ijin Hak Pengelolaan Hutan Desa (hphd) kepada Kampung Woloin.

Ruben Tiranda dari balai PSKL wilayah Maluku Papua kepada Lensapapua.com menjelaskan, “jika masyarakat Woloin sudah mendapatkan HPHD kami akan melakukan pendampingan kepada masyarakat dan melakukan pelatihan-pelatihan bagaimana mengelola hutan desa sehinga hasilnya dipasarkan ke wilayah – wilayah di Indonesia untuk menunjang masyarakat dan Kampung Woloin,” kata Ruben.

Kepala Kampung Woloin, Esau Woloin mengatakan, “saya bersama masyarakat siap untuk menjalankan program, kami juga sudah siap untuk memberikan wilayah hutan desa untuk dikelola secara baik sehinga akan terbuka lapangan kerja baru dan pendapatan  untuk masyarakat Woloin Ungkap Esau. red

https://www.lensapapua.com/wp-content/uploads/2018/02/new-header.png

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>