Diseminasi Teknologi BPPT Dukung Program Pengembangan Ternak Sapi Di Mimika

Lensapapua, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menjalin kerjasama dengan Komisi VII DPR RI untuk mendukung Kabupaten Mimika sebagai Sentra Pengembangan Peternakan Sapi di Provinsi Papua
Timika, Sabtu (23/3/2019)

Dalam rangka mendukung program Ketahanan Pangan Nasional, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan protein hewani asal daging sapi serta mendukung Provinsi Papua sebagai sumber pengembangan ternak sapi, BPPT melaksanakan “Diseminasi Teknologi Peternakan Sapi di Mimika Provinsi Papua” yang dihadiri oleh Kelompok Peternak Sapi dan wakil masyarakat dari beberapa wilayah di Provinsi Mimika, Sabtu (23/3/2019).

Kab. Mimika merupakan wilayah yang sangat potensial untuk pengembangan ternak sapi. Lahan usaha yang tersedia di Mimika kurang lebih 9.000 hektar yang merupakan bekas lahan transmigrasi dan sampai saat ini masih merupakan lahan tidur banyak ditumbuhi rumput yang sangat potensial untuk pakan ternak.

Diharapkan pemanfaaatan atau aplikasi teknologi yang akan disosialisasikan akan mampu membantu pengembangan ternak sapi semakin optimal dan diharapkan Kabupaten Mimika menjadi sentral pengembangan ternak sapi di Provinsi Papua.

Pada kesempatan tersebut hadir Pejabat Kabupaten Mimika, Kabag Program dan Anggaran Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT Dr. Ir. M. Nasir Rofiq MSi. dan tim peneliti dan perekayasa bidang peternakan BPPT.

BPPT telah mengembangkan berbagai jenis teknologi di bidang peternakan yakni teknologi pengolahan pakan, teknologi pengembalaan terkontrol, teknologi pengembangan bibit hijauan makanan ternak dan teknologi reproduksi dan keswan.

Teknologi ini dikembangkan dengan berbagai keunggulan yang disesuaikan dengan tantangan lingkungan dan ekonomi yang dihadapi terutama pemanfaatan limbah pertanian dan rumput yang berlimpah di Mimika Provinsi Papua.

Dalam acara tersebut disampaikan materi pelatihan “ Inovasi Teknologi Budidaya Peternakan Sapi” oleh Prof. Dr. Drh. Herdis, MSi tentang teknologi Reproduksi dan Kesehatan hewan ternak sapi dan Dr. M. Nasir Rofiq SPt. MSi.. tentang teknologi pengolahan dan pengawetan pakan ternak sapi .

Diharapkan kegiatan diseminasi teknologi ini dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi ternak sapi dalam mendukung ketahanan nasional dan menjadikan Provinsi Papua sebagai sentral pengembangan ternak sapi di Indonesia.

Disisilain Anggota komisi VII DPR RI Tony Wardoyo menyampaikan akan turut serta mendukung program Ketahanan Pangan Nasional, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan protein hewani asal daging sapi serta mendukung Provinsi Papua sebagai sumber pengembangan ternak sapi. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.