banner 728x250

Dana BOS,BOSDA,BSM Atasi Siswa Putus Sekolah

banner 120x600
banner 468x60

Sonny V.Siwu S.Sos.M.Si.Kabid Pendidikan Dasar Pemkab Sorong

Lensapapua– Dengan adanya dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari  pemerintah pusat diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah, baik tingkat SD/MI dan SLTP/MTs,  yang putus sekola .Kata  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong, melalui Kabid Pendidikan Dasar Sonny V. Siwu, S.Sos, M.Si.Sabtu 5/4.

banner 325x300

Bukan saja dana BOS ada juga program beasiswa miskin (BSM) dan   dana lain dari pemerintah daerah melalui BOSDA, dengan harapan agar semua siswa di jenjang usia sekolah pada tingkatan dasar dan menengah pertama atau sederajat tidak ada yang putus sekolah  karena tidak adanya biaya pendidikan.Katanya.

Dengan adanya tiga program pemerintah ini  diharapkan  sudah tidak ada lagi masalah karena terbentur dengan biaya pendidikan, kata Sonny Siwu, usai memimpin kegiatan sosialisasi BOS yang diikuti para Kepala SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Sorong, yang berlangsung di Aimas.

Pengalokasian dana BOS tersebut per siswa per tahun  untuk SD/MI sebesar Rp 580.000, dan untuk SMP/MTS sebesar Rp 710.000.Alokasi dana BOS melalui rekening bendahara umum daerah (BUD) provinsi dan langsung transfer ke rekening sekolah yang akan langsung dikelola sesuai dengan petunjuk teknis,  dan tidak melalui BUD Kabupaten Sorong. jelasnya.

Dana BOS tersebut tidak dikategorikan per wilayah dan semua alokasi dana dengan besaran yang sama. Tapi untuk dana BOSDA ada 4 kategori wilayah,  yang masing-masing siswa penerima pasti  berbeda antara yang berada di wilayah perkotaan, pinggiran, terpencil dan wilayah terisolir. Terang Sonny. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.