Cold Storage PPI Fandoi Biak Akan Beroperasi Pada Februari

Lensapapua, Akhirnya setelah penantian panjang pembangunan Cold Storage PPI Fandoi yang di fasilitasi oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan yang berada di Kompeks Kantor Dinas Perikanan Biak Numfor ini akan segera di operasikan pada pertengahan Februari tahun 2019.

Hari ini telah dilakukan penandatanganan MOU dengan PT PLN (persero) UP3 Biak juga penyambungan listrik oleh PLN ke gardu yang dibangun oleh PLN, kami berharap dengan penyambungan listrik ini Cold Storage akan segera beroperasi mudah-mudahan di pertengahan Februari pihak pengelola sudah berada di Biak dan siap untuk mengoperasikannya,” jelas Kadis Perikanan Biak Numfor Effendi Igirisa, Selasa (29/1).

Dikatakan mengenai kapasitas daya yang diminta ke PLN yakni sebesar 345 KVA, menurutnya secara perhitungan dari PLN itu untuk areal Biak masih cukup, apalagi direncanakan pada bulan Maret nanti PLTMG akan beroperasi.

“Nanti kita akan uji coba menghidupkan cold storage menggunakan listrik karena selama ini kami hanya pakai genset mudah-mudahan hari Kamis nanti kita akan melakukan uji coba dan memastikan bahwa Cold Storage sudah siap beroperasi untuk pengelolan ikan di Biak ,” ujar Effendi.

Sementara itu, Manager PT. PLN (Persero) UP3 Biak, Y. Soedarmono mengatakan, sesuai dengan pesan dari Kementrian bahwa di mana ada Cold Storage disitu PLN juga harus mengambil bagian.

“Kami berharap dengan PLN meyambungkan Listrik ke Cold Storage akan berdampak ke perekonomian daerah, dengan ekonomi meningkat maka banyak sektor yang akan terbantu,” tuturnya.

Soedarmono menjelaskan, Walaupun saat ini kondisi kelistrikan di Biak defisit tapi PLN bisa melayani penyambungan Listrik Cold Storage karena sudah ada perjanjian yang telah dibuat dengan pelanggan (Cold storage) bilamana ada jam-jam tertentu saja yang dapat di layani dan ada dalam kondisi tertentu pelanggan tersebut harus keluar dengan menggunakan genset yang dimiliki sendiri oleh pelanggan.

“Hal ini tidak akan mengganggu pelayanan yang sudah ada, kita melayani di mana kondisi beban kita masih mampu, selebihnya adalah masih menjadi beban dari pada pelanggan sendiri, Namun seperti yang kita ketahui bersama ada pembangunan PLTMG Biak 1 yang di harapkan akhir Maret ini bisa segera rampung sehingga kondisi kelistrikan di Biak akan bisa segera pulih atau baik kembali,” Pungkas Soedarmono. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.