Bentuk Kawasan Ekonomi Khusus Untuk Kemajuan Daerah

Malagapi

Lensapapua – Bupati Sorong melalui Asisten II Setda H. Abdul Gani Malagapi, usai memimpin rapat bersama pimpinan SKPD terkait,  kepada awak media, ia menjelaskan, bahwa membentuk kawasan ekonomi khusus dalam rangka untuk kemajuan suatu daerah, ujarnya di Aimas, Rabu (18/2).

Untuk di Papua Barat, ujar Gani Malagapi, yang khususnya di Kabupaten Sorong untuk membentuk kawasan ekonomi khusus. Bahkan pemda setempat sudah menyiapkan sekian ribu hektare sebagai lokasi pencanangannya nanti.

Fasilitas yang sudah ada saat ini, salah satunya kawasan Arar, Distrik Mayamuk sebagai pusat industri. Jadi untuk membentuk kawasan ekonomi khusus ini akan dikoordinir langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sorong.

Selanjutnya, Bappeda langsung mengkoordinir kepada instansi terkait, dengan harapan rencana itu bisa lebih dipercepat atas rencana kawasan ekonomi khusus tersebut.

Dengan lahan yang sudah disiapkan itu, kata Gani Malagapi, tentu kita akan membangun sarana dan prasarana. Kan pelabuhan kita sudah ada. “Hanya tinggal membangun berbagai fasilitas atau sarana penunjang lainnya,” tuturnya.

“Sebagai langkah awal yang perlu diperhatikan, yakni masalah analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal),” termasuk pembebasan lahannya.

Kita lihat saja yang telah dipreteksi sekarang, seperti kelapa sawit yang sudah dibangun CPO-nya.

Kita di Kabupaten Sorong sudah memiliki semen curah, aspal curah, batu bara, dan ada juga industri-industri pendukung lainnya akan dibangun

dilokasi tersebut. Bahkan di Pemkab Sorong hanya saja menunggu izin dari pemerintah pusat, pintanya. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.