Aparat Desa Digembleng Sistem Keuangan

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sorong, Anthon Jotlely, SE.,M.Si Dok/red
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sorong, Anthon Jotlely, SE.,M.Si Dok/red

Lensapapua, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sorong menggelar sosialisasi UU nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, kepada puluhan aparat kampung dan desa dari 5 distrik di Hotel Aquarius Aimas, Kamis (10/3).

Kepala BPM Kabupaten Sorong Anthjon Jotlely, SE.,M.Si kepada lensapapua.com mengatakan, sosialisasi ini menitik beratkan pada pemahaman mengenai keuangan, pelaporan dan pengawasannya.

“Beberapa waktu lalu sosialisasi berkisar tentang penyelenggaraan dan administrasi pemerintah kampung/desa. Kali ini mengenai keuangan, pelaporan dan pengawasan”, kata Anthon Jotlely.

Laporan keuangan kampung/desa berpengaruh pada laporan keuangan pemerintah daerah, untuk itu pemahaman tentang keuangan dan pelaporannya harus disoaialisasikan kepada para aparat kampung/desa agar mereka dapat menyusun laporan dan rencana anggaran desa.

Untuk memenuhi hal tersebut, aparat kampung/desa yakni kepala kampung/desa, sekretaris dan bendahara harus dapat menetapkan tiga instrumen penting pembangunan desa anta lain, APBDes, RPJMDes dan RPK. Ketiga instrumen ini menjadi acuan penyusunan rencana pembangunan dan laporan keuangan desa.

“Meski demikian, masih perlu pelatihan tambahan untuk para aparat kampung yaitu penyusunan laporan keuangan berbasis akrual, sehingga mereka juga dapat menyajikan laporan keuangan dengan baik, tepat waktu dan aktual”, beber Jotlely.

Menurutnya, selain pelatihan tambahan, aparat kampung/desa juga perlu ditunjang dengan sarana/prasarana yang mendukung untuk laporan berbasis akrual.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, S.Sos.,M.Si dan diikuti oleh puluhan aparat kampung dari distrik Makbon, Maudus, Klayili dan Sayosa. Sosialisasi direncanakan berlangsung selama sepuluh hari hingga tanggal 20 Maret mendatang. Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.