Berita  

YP. Moso : Lahirkan Pemimpin Baru Sesuai Amanat Negara

YP. Moso saat prosesi pengguntingan pita peresmian kantor sekretariat FPOAP
banner 120x600
banner 468x60
YP. Moso saat prosesi pengguntingan pita peresmian kantor sekretariat FPOAP

Lensapapua  –  Tugas Penjabat Bupati Sorong, melakukan pelayanan umum pemerintahan dan pembangunan pada beberapa aspek, selain itu, melahirkan pemimpin baru, ini merupakan amanat Negara, yang harus dijalankan dalam kurun waktu 2 tahun saja.

 

banner 325x300

Kita harus berpegang teguh motto orang Manado, ‘Si Tou Timou Tumou Tou’. Artinya, kurang lebih adalah ‘manusia hidup untuk menghidupi, mendidik, serta menjadi berkat (penolong) bagi orang lain,’ ujar Pj. Bupati Sorong Yan Piet Moso dalam sambutannya pada acara pengukuhan ketua dan pengurus Forum Pengusaha Orang Asli Papua (FPOAP). Jumat (24-03/23)

 

Ini merupakan makna secara filosofi yang berarti ‘memanusiakan manusia’. Dari motto hidup inilah yang merekatkan setiap sendi kehidupan masyarakat dari daerah, yang juga menjadi salah satu penghasil kopra dan cengkeh yang diandalkan oleh bangsa Indonesia selama ini.

 

“Terpenting di sini bagaimana saat tugas saya berakhir setidaknya bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang tangguh dan lebih sukses. Dari waktu-waktu sebelumnya,” imbau Moso.

 

Peran seperti ini menjadi hal terpenting dari salah satu peran saya agar pengusaha orang asli Papua akan lebih maju dan berkembang dalam bidang perekonomian, harap Moso, usai pengukuhan Badan Pengurus Forum Pengusaha Orang Asli Papua di Aimas, Jumat (24/3/2023).

 

Leih lanjut, kata Moso untuk menjadi ketua atau pengurus apapun, yang perlu diingat, yakni dari aspek penampilan. Jika, penampilannya bagus dan menarik, disertai cara komunikasinya juga bagus dengan para pihak terkait, bisa meyakinkan pihak tersebut, itu yang perlu saudara lakukan.

 

“Jangan ada sedikit masalah datang pukul meja. Apalagi mengancam dan lain sebagainya, maka hal seperti itu harus dihindari sedemikan mungkin,” tegasnya.

 

Kita butuh komunikasi dan koordinasi yang baik. Sehingga pada suatu kesempatan yang tepat, pihak yang akan memberikan pekerjaan tidak akan ragu lagi dengan keberadaan kita.

 

Hal seperti ini yang perlu saudara (pengusaha) lokal untuk mencermatinya dengan sebaik-baiknya agar kelak bisa menjadi orang yang sukses, harap Moso. (Rim/red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.