Berita  

Virgornia Puas Gunakan Program JKN dari Pelayanan Kesehatan Hingga Ketersediaan Obat-obatan 

Virgornia Puas Gunakan Program JKN dari Pelayanan Kesehatan Hingga Ketersediaan Obat-obatan 

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Virgorina Artiati Seubelan (35), seorang warga Kabupaten Biak Numfor terlihat begitu khawatir ketika menemani putrinya yang sedang terbaring menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit di Kabupaten Biak Numfor. Hati ibu mana yang tidak khawatir ketika melihat putri kesayangannya harus mengalami sakit yang sudah berhari-hari tak kunjung sembuh. Saat ditemui Tim Jamkesnews, Virgorina menceritakan pengalaman putrinya Aurora Edelweis Simopiaref (5), menggunakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat berobat ke rumah sakit.

banner 325x300

“Jumat minggu lalu anak saya demam naik turun, sabtu dibawa ke klinik yang terdaftar namun tidak sembuh-sembuh. Awalnya ditahan-tahan karena mikirnya pasti sembuh cepat, tapi hari Rabu malam itu demamnya makin tinggi, saya dan suami langsung memutuskan ke rumah sakit untuk memeriksakan anak kami, ternyata ada bakteri pada pencernaannya. Sesuai dengan saran dari dokter, harus dirawat inap jadi kami nurut bagaimana baiknya untuk anak kami,” tutur Virgorina.

Lebih lanjut Virgorina menjelaskan dirinya beserta keluarga sangat bersyukur sekali dengan adanya Program JKN. Virgorina menyesal kenapa tidak membawa putrinya ke rumah sakit lebih awal.

“Puji Tuhan, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena sudah menyelenggarakan Program JKN ini. Kemarin itu anak saya sudah tidak mau makan beberapa hari, jadi sudah lemas sekali, saya sudah tidak tahu lagi harus apa. Sampai di rumah sakit penanganan dari tim medisnya sangat cepat, obat-obat yang dibutuhkan selalu tersedia, tidak banyak proses administrasi yang harus kami lakukan, cukup menunjukkan Kartu Keluarga (KK) saja sudah langsung dapat dilayani,” jelas Virgorina.

Virgorina beserta putrinya merupakan peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) di mana suaminya terdaftar sebagai prajurit Angkatan Udara (AU). Virgorina mengaku sangat terbantu dengan Program JKN karena untuk biaya kesehatan keluarganya sudah terjamin.

“Ini bukan pertama kalinya saya gunakan kartu JKN, namanya sakit itu kita tidak bisa tahu kapan datangnya, apalagi anak-anak itu biasanya sangat mudah sekali terkena penyakit, beruntung sudah terdaftar sebagai peserta JKN jadinya memiliki persiapan jika sakit. Iurannya sudah dipotong tiap bulan dari gaji suami, sehingga ketika sakit kami sudah tidak khawatir soal biaya tinggal tunjukkan Kartu JKN bahkan KK saja sudah langsung dilayani. Bagi kami lebih baik rutin bayar iuran tiap bulan seperti itu dari pada harus tiba-tiba bayar, sudah musibah sakit terus diharuskan membayar tunggakan iuran lagi,” lanjut Virgorina.

Virgorina pun mengajak seluruh kerabatnya untuk selalu rutin membayar iuran JKN agar status kepesertaannya tetap aktif, sehingga ketika dibutuhkan dapat segera digunakan.

“Pelayanan Program JKN saat ini sudah sangat baik, yang saya rasakan pribadi sangat terbantu. Semoga semua fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia dapat memberikan pelayanan yang sama baiknya tanpa membeda-bedakan seperti yang sering dikatakan orang, tapi yang saya rasakan sejauh ini sangat baik. Tim dokter dan perawat pun selalu siap siaga dan memberikan informasi yang jelas ketika kami membutuhkan,” ungkap Virgorina.

Virgorina pun berharap putrinya dapat segera pulih seperti sedia kala agar bisa kembali aktif ke sekolah dan bisa bermain-main dengan teman-temannya lagi. Di sisi lain dirinya berharap Program JKN dapat terus berjalan ke arah yang semakin baik lagi baik dari segi layanan kesehatan maupun layanan kepesertaan. Dengan demikian masyarakat dapat memiliki jaminan kesehatan yang pasti yaitu Program JKN.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.