Berita  

Raker Pembangunan LHK Ekoregion Papua Berlangsung di Biak Numfor 

Raker Pembangunan LHK Ekoregion Papua Berlangsung di Biak Numfor 

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Papua melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Pembangunan Lingkungan Hidup & Kehutanan Ekoregion Papua di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua, diselenggarakan selama 2 hari pada 18-19 April 2024.

banner 325x300

Pembukaan kegiatan berlangsung di Swissbell Hotel Cenderawasih Biak dihadiri oleh Pj. Bupati Biak Numfor  Sofia Bonsapia, SH, M. Hum, Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono, Forkopimda setempat serta peserta dari Kepala Badan/Dinas Provinsi yang membidangi Perencanaan, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan seluruh Kepala UPT KLHK Wilayah Papua.

Melalui sambutan Sekjen KLHK Bambang Hendroyono yang dibacakan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi SDA, KLHK ”Dr. Ir. Tasdiyanto, S.P.,M.Si, disebutkan pelaksanaan raker tahun ini mengusung tema “Keberlanjutan Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bebas Landscape dan Seascape Terintegrasi di Pulau Papua” kali ini disesuaikan dengan tema pembangunan pada RKA K/L dan RKP K/L yaitu “Geliat Pengelolaan Hutan dan Lingkungan Hidup di Seluruh Provinsi Seiring Pertumbuhan Ekonomi yang Semakin Merata”.

“Tema tersebut yang akan menuntun seluruh jajaran KLHK untuk terus meningkatkan setiap kinerja positif yang telah dilakukan pada tahun tahun sebelumnya sekaligus sebagai dukungan terhadap tema utama RKP 2024 yaitu mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan”, Jelasnya.

Ia berharap melalui rapat kerja ini akan muncul kerangka implementasi yang berorientasi tapak untuk mendayagunakan berbagai instrumen LHK dengan berdasarkan Kepemimpinan Trans Global dalam mengendalikan Kebijakan, Rencana, Program dan Kegiatan pembangunan di kedua wilayah ekoregion (wilayah ekoregion darat/terrestrial (landscape) dan ekoregion laut (seascape)) tersebut secara terintegrasi untuk mewujudkan keberlanjutan pengamanan SDALH dan Keanekaragaman Hayati karena keduanya merupakan suatu sistem ekologi yang memiliki interkoneksi satu sama lain.

Sementara Pj. Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia menyampaikan apresiasi dan dukungan atas pelaksanaan Raker Pembangunan Lingkungan Hidup & Kehutanan Ekoregion Papua di Kabupaten Biak Numfor.

“Harapan kami melalui raker ini akan muncul kerangka implementasi yang  berorientasi tampak untuk menjaga sumber daya alam lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati di ekoregion Papua dengan mengoptimalisasikan tema pengembangan lingkungan hidup dan Kehutanan sesuai dengan kondisi dan karakteristik ekoregion serta terwujudnya sinkronisasi dan dukungan para pihak dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di ekoregion papua dalam satu peta yang sama”, Ujarnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.