Berita  

Pekan Raya Budaya Supiori 2023 Dihadiri Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep

Pekan Raya Budaya Supiori 2023 Dihadiri Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Supiori – KKN-PPM Universitas Gajah Mada Unit Supiori mengadakan Festival kebudayaan yang bertajuk Pekan Raya Budaya Supiori 2023 di Kampung Waryesi Supiori Timur, acara tersebut dihadiri oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep mewakili istrinya Erina Gudono yang sebelumnya telah bekerja sama dengan Tim KKN-PPM UGM Telisik Supiori 2023 untuk membantu menyukseskan berbagai program kerja yang berkaitan dengan pendidikan. Senin (07/08/2023).

banner 325x300

Mewakili mahasiswa UGM, Gea Anisah selaku koordinator tingkat unit dalam laporannya mengatakan Tim KKN-PPM UGM bernama Telisik Supiori hadir di Kampung Waryesi, Distrik Supiori Timur Kabupaten Supiori Provinsi Papua, untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat selama 50 hari terhitung sejak tanggal 23 Juni 2023. Tim KKN yang terdiri dari 30 mahasiswa dari 18 fakultas ini bersama-sama mengusung berbagai program kerja dengan fokus utama berupa pemberdayaan pada bidang pariwisata, sumber daya manusia, sumber daya maritim, kebencanaan, dan UMKM.

“Terdapat lebih dari 150 program yang telah dilaksanakan, dengan beberapa program besar yaitu Pekan Raya Budaya dan renovasi perpustakaan SD Inpres Waryesi yang diresmikan oleh Kaesang Pangarep, kami telah menyelesaikan berbagai program kerja yang tentunya memiliki dampak baik bagi peningkatan kualitas masyarakat setempat dan festival pekan raya budaya 2023 ini merupakan hasil kolaborasi antara Tim KKN-PPM UGM Telisik supiori, pemerintah daerah kabupaten supiori serta masyarakat setempat,” jelasnya.

Tema yang diangkat dalam Pekan Raya Budaya 2023 ini adalah “Melintasi Makna, Merayakan Perjalanan” atau dalam bahasa Biak “Fadoru Marandan, Munara Bebaine”. Tema tersebut bertujuan untuk merayakan dua dekade pemekaran Kabupaten Supiori dari Kabupaten Biak Numfor sebagai kabupaten induknya. Melalui Pekan Raya Budaya, diharapkan dapat membangun ekosistem kebudayaan sekaligus memberikan ruang publikasi terhadap potensi pariwisata yang terdapat di Supiori. Selain itu, kegiatan yang akan diisi oleh berbagai pameran ini diharapkan dapat menjadi pionir dan contoh untuk acara-acara serupa di wilayah Supiori.

Erina dalam sambutanya yang dibacakan langsung oleh Kaesang Pangarep mengatakan bahwa dirinya memiliki kedekatan tersendiri dengan Kabupaten Supiori , karena pada tahun 2017 lalu pernah melaksanakan KKN di Kabupaten Supiori tepatnya di Kampung Amyas, sehingga melalu kesempatan ini Erina memberikan dukungan bagi kabupaten sepiori yang disalurkan melalui organisasinya, yakni Takesbook Indonesia, dalam bentuk dukungan untuk perenovasian perpustakaan SD Inpres Waryesi. Takesbook Indonesia juga turut membantu mendonasikan 42 kilogram paket buku untuk mendukung pelaksanaan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Buku Bacaan Bermutu.

“Diharapkan dukungan ini bisa membawa semangat bagi adik-adik pelajar untuk semangat dan rajin membaca karena dimulai dari membaca makan akan memperluas pengetahunan, mohon maaf istri saya Erina tidak bisa hadir karena ada halangan tertentu, harapan Erina juga adik-adik pelajar jangan berhenti bermimpi terus semangat untuk menggapai cita-cita,”ujar Kaesang.

Sentara itu, Bupati Kabupaten Supiori Drs. Yan Imbab menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kedatangan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, serta apresiasi bagi seluruh mahasiswa KKN UGM Telisik Supiori 2023, bagi masyarakat kampung Waryesi dan semua pihak yang telah mendukung serta menyukseskan semua program KKN Mahasiswa UGM tersebut.

“Kedatangan mas Kaesang pada acara Pekan Raya Budaya ini merupakan bentuk dukungan yang positif terhadap program KKN UGM Unit Supiori tidak hanya pada bidang pendidikan, tetapi juga dalam bidang kebudayaan dan pariwisata. Diharapkan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat lokal untuk turut mengapresiasi, melestarikan, serta mengembangkan kreativitasnya dalam memanfaatkan budaya dan tradisi yang telah ada,” Ungkap Bupati.

“Adanya perpustakaan SD Inpres di kampung Waryesi yang diresmikan langsung oleh mas Kaesang ini semoga bisa memotivasi masyarakat khususnya pelajar bisa meningkatkan literis baca dengan memanfaatkan sumber daya bacaan yang ada di perpustakaan sekolah maupun di tamam baca masyarakat, saya doakan kepada seluruh mahasiswa KKN UGM Telisik Supiori 2023 agar terus diberi kelancaran dan kesuksesan dalam semua proses study kedepan,” Pungkas Bupati Supiori.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Supiori dan Tokoh masyarakat, dimeriahkan dengan Tarian adat serta Marching band.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.