Berita  

Pasar Rakyat Biak Diharapkan Membuka Peluang Peningkatan Pendapatan UMKM

"Luas areal pasar rakyat Fandoi sebesar 1.000 meter persegi, terdiri dari enam ruko, dua los besar, dan jumlah petak 48 unit"

banner 120x600
banner 468x60
Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Biak Numfor Eveline Wambrauw

Lensapapua, Biak – Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Biak Numfor Eveline Wambrauw menyampaikan apresiasi luar biasa atas kehadiran Menteri Koperasi dan UMKM (MenKopUKM) Teten Masduki di Kabupaten Biak Numfor untuk meresmikan Pasar Rakyat (tradisional) Biak, Selasa (07/05/2024).

“Perlu saya informasikan bahwa pasar rakyat ini dibangun dengan dana perbantuan Kemenkop UKM tahun anggaran 2023 yang nilainya mencapai satu miliar lebih,” Ungkapnya usai menghadiri kunjungan MenKopUKM meresmikan Pasar Rakyat yang berada di Komplek Eks Pasar Lama Biak.

banner 325x300

Eveline berterimakasih atas dukungan Kementrian Koperasi dan UMKM yang sudah membantu pembangunan pasar rakyat tersebut sehingga sudah bisa digunakan untuk aktifitas jual beli masyarakat.

Disisilain, Ketua Koperasi Rum Kadaum Andey (Biak) Mama Marice Rumpaisun menjelaskan, Pemkab Biak Numfor memberikan kesempatan koperasi yang sudah berdiri sejak 2020 untuk menjadi pengelola pasar kuliner ini.

“Luas areal pasar rakyat Fandoi sebesar 1.000 meter persegi, terdiri dari enam ruko, dua los besar, dan jumlah petak 48 unit,” kata Mama Rumpaisun.

Dia menambahkan, para pedagang di Pasar Rakyat Biak terbagi menjadi dua, yakni pedagang produk mentah (sayur-sayuran dan kebutuhan sehari-hari) dan produk olahan seperti abon ikan tuna, aneka cemilan (kripik), sambal khas Biak, dan sebagainya.

“Saat ini, tercatat ada 54 anggota koperasi dari kalangan Mama-Mama orang asli Papua yang berdagang produk asli dan khas Papua, khususnya Biak,” ucap Mama Rumpaisun.

Mama Rumpaisun berharap wadah koperasi Rum Kadaum Andey ini bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui usaha pengelolaan pasar.

“Kami berharap pemanfaatan pasar baru ini bisa membuka peluang peningkatan pendapatan bagi pelaku usaha mikro dan kecil di Biak,” kata Mama Rumpaisun.

Ke depan, Mama Rumpaisun berharap pemerintah meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana di Pasar Rakyat Biak. Tak hanya untuk kenyamanan pedagang dan pembeli, melainkan juga untuk mendukung faktor keamanan pasar yang belum memiliki pagar pengaman.

“Selain itu, daya tampung pedagang juga terbatas, sedangkan yang berminat berdagang di sini masih banyak. Mudah-mudahan ada perluasan unit dagang di Pasar Rakyat Biak ini, agar bisa menampung pedagang lebih banyak lagi,” ujar Mama Rumpaisun.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.