Lensapapua.com

Perkenalkan Seni Budaya Malamoi Sanggar Wen Ikut Festifal Budaya Papua

Lensapapua, Tim kesenian dan kebudayaan Malamoi telah bertolak menuju ke Manokwari, Minggu (8/10/2017) untuk mengikuti Festival Kesenian dan Kebudayaan Papua ke-5, dengan melibatkan 35 personil dari Sanggar Wen distrik Klasouw, untuk menampilkan kebudayaan dan kesenian dari tanah Malamoi yang selama ini belum banyak terpublikasi ditengah kayanya budaya dan kesenian ditanah Papua dari berbagai daerah.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sorong, Kepas Kalasuat mengatakan, keikut sertaan tim kesenian dan kebudayaan Kabupaten Sorong merupakan wujud keterlibatan aktif pengembangan kesenian dan kebudayaan daerah, selain itu, agar mengenalkan kekayaan budaya dan kesenian tanah Malamoi.

“Kami sangat bersyukur karena adanya event ini, kita kembali bangkitkan kesenian dan kebudayaan Malamoi yang selama ini mungkin tidak banyak dikenali masyarakat, ini kali kedua kami ikuti event ini, yang pertama lalu kami berhasil menang, kita harapkan kedepan pembinaan kebudayaan dan kesenian dapat berjalan lebih intensif” kata Kepas Kalasuat.

sementara itu, Silas Ongge Kalami, Ketua LMA Malamoi mengatakan, kebudayaan malamoi sangat kaya dan beragam, oleh sebab itu event ini dapat membangkitkan upaya pengembangan dan pelestarian budaya Malamoi.

“Kami apresiasi pemda kabupaten sorong yang mendorong dan mendukung kebudayaan daerah, kita harapkan melalui festival ini dapat membangun kembali potensi budaya dan seni yang nyaris hilang, kami harap peserta dapat menjiwai kebudayaan dan kesenian yang diperankan baik dalam tari dan gerak” kata Silas Ongge Kalami.

Untuk mengikuti Festival Budaya dan seni Papua ke-5, sanggar wen dari distrik Klasouw menggelar pelatihan selama beberapa waktu di Keik Malamoi kilometer 13 kota Sorong. yud/red

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *