Thursday, 14/12/2017 | 12:44 UTC+9
Lensapapua.com

Tahap Perbaikan, PSI Manokwari Parpol Pertama Dokumen Lengkap.

MANOKWARI— Tahap verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Manokwari terus bergulir.  Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) menjadi partai pertama di ibukota Provinsi Papua Barat ini yang dokumen administrasi keanggotaannya dinyatakan lengkap oleh KPUD. Ketua KPU Manokwari Albert Burwos, melalui Sekertaris KPU Manokwari Drs. Rustam Efendi, kepada media ini via telpon, Rabu (28/11) malam membenarkan hal ini.

Rustam mengatakan, pihak KPUD Manokwari sesuai petunjuk juknis dan penjadwalan hingga per 2 desember 2017 mendatang adalah melakukan verifikasi pencocokan SIPOL terhadap 12 Partai yang dinyatakan lolos registrasi pendaftaran awal pada oktober lalu sesuai juknis KPU.

Pada hari yang sama Ketua DPD PAN juga mendaftarkan hasil perbaikan administrasi keanggotaan.  Namun ada beberapa dokumen dari partai berlambang matahari ini yang menurut KPUD  perlu diperbaiki.

” Benar, PSI Partai Pertama yang lolos verifikasi perbaikan. Selain itu yang datang hari juga adalah Partai PAN. Kemungkinan PAN besok menyusul sebagai partai kedua lolos verifikasi,”Ujarnya

Rustam membeberkan, kebanyakan dari perbaikan administrasi tahapan verifikasi ini adalah sebagian besar terkait kurang lengkapnya E-KTP sesuai perundangan yang berlaku. Sehingga hal inilah yang menjadi kebijakan KPU RI memperpanjangkan waktu verifikasi.

” Mengingat banyak juga yang masih mempergunakan KTP Nasional yang bukan E-KTP. Namun secara keseluruhan administrasi 11 parpol yang masih duverikasi diberikan waktu, “Jelasnya.

Sementara itu, Ketua PSI Manokwari Patrix Barumbun Tandirerung mengatakan, DPD PSI Manokwari mengajukan hasil perbaikan dokumen administrasi keanggotaan kepada KPUD setempat Rabu (29/11) sekitar pukul 13.30. Dokumen yang berisi 63 data anggota baru tersebut diserahkan oleh dirinya selaku Ketua DPD PSI Manokwari.

Dimana saat mengajukan hasil perbaikan dan diserahkan ke pihak KPUD Patrix Barumbun Tandirerung didampingi bersama bendaharanya,  Marike Elsa Obinaru,  dan diterima oleh Ketua KPUD, Alberth Burwos bersama komisioner lainnya.

Usai diserahkan, dokumen tersebut kemudian diperiksa satu persatu oleh staf KPUD,  sebelum dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPUD untuk diproses lebih lanjut pada tahap berikut.

Patrix mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa melalui tahap ini dan tetap mempersiapkan diri menghadapi proses yang lebih berat yakni verifikasi faktual.

“Pada seluruh tahap, kami banyak bertanya atau berkonsultasi kepada KPUD,  terutama kepada help desk yang disediakan.  Juga kepada DPW dan DPP PSI karena merekalah yang punya akses terhadap SIPOL KPU.  Kami hanya melakukan rekruitmen dan menjalankan juknis yang sudah ada termasuk arahan-arahan dari KPUD. Syukurlah kita sudah sampai ditahap ini, ” kata Patrix.

PSI Manokwari akan menggelar kopdar–semacam konsolidasi- yang melibatkan relawan,  anggota dan struktural PSI se-Manokwari dalam waktu dekat untuk menjemput proses verifikasi faktual.

“Kami tetap optimistis lolos pada seluruh tahap. Tapi tentu kita perlu persiapan-persiapan matang dan terkonsolidasi, ” tandas Patrix. (ian)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *