Thursday, 16/11/2017 | 4:41 UTC+9
Lensapapua.com

Ruang Tahanan Polres Sudah Tak Representatif

Kondisi ruang tahanan Polres Manokwari

MANOKWARI, lensapapua– Ruang tahanan Polres Manokwri saat ini sudah tidak representatif untuk menampung tahanan yang ada, hingga kedepannya membutuhkan tambahan ruang tahanan. Mengingat maraknya aksi kejahatan di Kota Manokwari saat ini, hingga pelaku kejahatan yang menghuni tahanan polres semakin bertambah.

Kapolres Manokwari AKBP, Ch Ronny Putra melalui Kasat Reskrim Polres Manokwari saat dimintai tanggapannya oleh Teropongnews diruang kerjanya, Selasa (10/7) menjelaskan bahwa, ditengah kondisi ruang tahanan Polres Manokwari yang dinilai tidak cukup lagi untuk menampung jumlah tahanan yang ada, kedepannya di harapkan sinergitas para penyidik yang menangani berbagai kasus dapat bekerja lebih maksimal dalam menyelesaikan kasus yang ditanganinya.

” Intinya harus dipahami dulu, Hunian Penjara Polres Ini bukan saja adalah karena Tsk yang di tahan sat reskrim saja. Namun juga sat narkoba,  Ada BNN juga yang dititipkan disini. Sehingga merupakan suatu kewajiban para anggota penyidik apabila berkas perkara telah memenuhi dan dinyatakan lengkap agar sesegera di limpahkan ke kejari. Hal. Ini agar dapat turut mengurangi volume jumlah beban kapasitas pada ruangan polres,”himbau Kakori

Keterbatasan itu, katanya, akan berpengaruh terhadap keamanan dan ketertiban di ruang tahanan.Menyinggung terkait jam – jam jenguk tahanan dan waktu pengawasan tahanan jajaran polres kini semakin ketat dan disiplin. Dimana hal ini dalam upaya pencegahan kaburnya para tahanan polres.

Olehnya itu, selain  dibangun ruang tahanan baru yang lebih baik dan layak dari segi keamanan dan kesehatan, menjadi harapan kedepannya jika pada pembangunan MaPolres ruang tahanannya diharapkan dapat nanti di besarkan dan sesuai dengan standar kepolisian pelayanan kepada tahanan.

” Selama ini sementara masih fleksibel. Dimana jika terjadi beban kapasitas lebih (over capisitiy) ruang tahanan yang lain pada tingkat Polsek menjadi pilihan lainnya dalam menitipkan para tahanan ini. Namun kedepan harapan saya pada pembangunan mapolres baru,  ruang tahanan diharapkan dapat menampung para tahanan dengan kapasitas ruangan yang cukup dan sesuai dengan SOP Polri dalam memberikan pelayanan kepada Terduga Tersangka pada ruang tahanan. Karena bagaimanapun ini adalah bagian peningkatan pelayanan Polri dan menghargai Hak Asasi Manusia, “Jelasnya

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *