Saturday, 18/11/2017 | 12:00 UTC+9
Lensapapua.com

Kapolri Tinjau Langsung, Persiapan Peresmian Gedung Mapolda PB

Kapolri Jendral Tito saat memberikan keterangan. Pers, di Mapolda PB, minggu (13/8)

MANOKWARI, lensapapua — Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Manokwari, Papua Barat, guna meninjau perkembangan pembangunan Polda setempat, Minggu (13/8/2017) sekira pukul 07.30 wit hingga berakhir pada pukul 11.00 wit.

Kantor Markas Kepolisian Daerah Papua Barat, yang dibangun di daerah Maripi, Distrik Anday, adalah gedung fasilitas tiga lantai termasuk salah satu gedung Mapolda termegah di Indonesia. Memiliki tempat parkir bawah tanah tersebut, gedung mapolda baru ini, di jadwalkan akan segera diresmikan pada bulan september atau oktober 2017 mendatang.

Pembangunan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua Barat yang di bangun pada awal tahun 2016 lalu, dibangun diatas tanah seluas kurang lebih 30 hektare. Dengan  luas bangunan mapolda mencapai 15 ribu meter persegi, dari sebelumnya yang direncanakan hanya 12 ribu meter persegi. Sedangkan anggaran yang diberikan oleh Mabes Polri guna pembangunan Mapolda Papua Barat dan sarana pendukung operasional Polda Papua Barat mencapai Rp 270 miliar. Penambahan luas bangunan itu, sebelumnya telah mempertimbangkan fasilitas yang harus dibuat seperti ruang rapat, ruang pejabat utama serta beberapa ruang lain yang menjadi kebutuhan.

Kesempatan itu, Jendral Tito menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Manokwari yang meminjamkan gedung sementara untuk Polda Papua Barat beraktivitas selama dua tahun ke depan tersebut. Selain itu perhatian dari Pemerintah Provinsi Papua Barat dan jajaran kemitraan terkait yang telah mendukung penuh pembangunan gedung megah Markas Polda Papua Barat tersebut sangat di apresiasi.

Sesuai pantuan dilapangan pembangunan konstruksi gedung Markas Kepolisian Daerah Papua Barat saat ini sudah selesai 100 persen. Saat ini, kontraktor sedang menyelesaikan pemasangan instansi listrik serta perangkat penting lainya. Dimana untuk gedung utama Polda Papua Barat membutuhkan daya listrik sebesar 1 mega watt.

Selain itu kehadiran rumah sakit bhayangkara juga akan segera di bangun, guna sebagai sarana pendukung pelayanan kesehatan di jajaran polda papua barat. Usai pembangunan rumah sakit, pembangunan rumah para pejabat utama Polda pun akan disiapkan.

Lebih jauh Jendral Tito mengatakan, kehadiran Polda di Provinsi Papua Barat juga untuk melayani masyarakat sehingga diharapkan kepada pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat mendukung penuh penyelesaian pembangunan Mapolda Papua Barat, agar benar – benar siap diresmikan.

Sebelum kunjungi Manokwari, Kapolri mengunjungi Kabupaten Mimika, Papua dalam rangka menghadiri peluncuran Aplikasi Amole Online dan membuka kegiatan Papua Football Akademik di Mapolres Mimika. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Lukas Enembe terkait Pilkada.

Jendral Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, pria kelahiran palembang, sumatra selatan 26 oktober 1964 ini, yang memiliki pengalaman berdinas di Papua selama kurun waktu 2 tahun, usai melakukan peninjauan di kantor Polda Papua Barat yang baru,  langsung meninggalkan manokwari minggu 13/8/2017, bersama jajaran petinggi lainnya menuju Jakarta –  Mabes Polri. (ian)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *