Danrem 171/ PVT Pimpin Upacara Kegiatan Opster 2017

Danrem 171/PVT Brigjen Ignatius Yogo Triyono, M.A, saat di wawancarai.(Fto. Ian) 

MANOKWARI, lensapapua – Danrem 171/XVIII Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, memimpin Upacara Pembukaan Operasi Teritorial TNI di Kampung Duwin Distrik Warmare Kab.Manokwari Prov. Papua Barat Wilayah Kodim 1703/Manokwari T.A. 2017, Rabu (12/7).

Pada kesempatan itu Danrem mengatakan, perlunya pemahaman keseeagaman untuk tetap menjaga kebersamaan TNI dan Rakyat, sehingga bersama Rakyat, TNI kuat.

Hal inilah yang kembali ditegaskan dalam rangkaian Operasi Teritorial (Opster) TNI di Kampung Duwin, Distrik Warmare Kab Manokwari T.A. 2017 sebagai salah satu kampung di Kab/Kota Provinsi Papua Barat dalam mewujudkan pemerataan pemberdayaan masyarakat daerah yang masih tergolong terisolir.

Kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif demi kelancaran pelaksanaan pembangunan di daerah terutama daerah perbatasan serta terwujudnya pembangunan infrastruktur di daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, merupakan hal yang ingin dijalin tetap terjaga antara TNI dan Masyarakat. sesuai tema yang diusung dalam Opster 2017 ” Melalui Operasi Teritorial kita tingkatkan serbuan teritorial diwilayah perbatasan dan rawan konflik untuk meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat serta kemanunggalan TNI dengan Rakyat”, dapat bersama memperoleh suatu kekuatan kewilayahan untuk menjaga pertahanan negara yang tangguh dan mampu dihadapkan kepada hakekat ancaman, dalam pelaksanaan pemberdayaan wilayah pertahanan dan komunikasi sosial TNI di Perbatasan wilayah, baik di darat, laut maupun udara.

Lanjut Dituturkan Danrem dalam kegiatan tersebut serta menjadi Komandan Upacara Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A
menyampaikan, Masyarakat diharapkan dapat mewujudkan bersama kekuatan kewilayahan pertahanan yang tangguh dalam mengoptimalkan seluruh komponen masyarakat dengan mewujudkan suatu kegiatan Operasi Teritorial berupa Pemberdayaan Wilayah khususnya pada daerah yang masih di kategorikan terisolir.

Adapun kegiatan Opster dan yang akan dilaksanakan berupa pembuatan  sarana fisik pengecoran jalan sekitar 1500 meter, sasaran non fisik yakni pengobatan massal, penyuluhan hukum  dan bela negara, penayangan film profil TNI dan pemberian bahan kontak  (sembako)  bagi masyarakat. Dalam kegiatan ini melibatkan 250 anggota personil TNI dimulai sejak 12 juli 2017 – 24 september 2017 mendatang.

Sementara itu, Kepala Kampung Duwin, Kab. Manokwari, Derek Bikio ditemui terpisah usai kegiatan Uapacara tersebut mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan Opster T. A 2017 yang di Lakukan atas perhatian TNI dan sinergitas Pemerintah Daerah Kab. Manokwari. Hal ini dinilai baik dan bagian untuk bersama mendukung pemerataan capaian pembangunan dan perhatian Pemerintah terhadap kesejahteraan Masyarakat.

” Harapan saya, dengan adanya perhatian dari TNI melalui program Opster T.A 2017, dalam pelaksanaannya yang dilakukan melalui sasaran Fisik dan nonfisik dapat merata serta tepat sasaran dan dirasakan masyarakat sekitar kampung Duwin,”Harapnya

Dengan demikian berdasarkan UUD nomor 34 tahun 2004 Tentang TNI  bersama rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI sebagai bagian dari tugas pokok TNI yang harus dijabarkan secara aplikatif, dapat diwujudkan melalui nawacita Presiden sehingga dapat diterapkan oleh semua komponen yang terlibat dilapangan tanpa menimbulkan ekses negatif dari pelaksanaan tugas Pokok TNI tersebut. (ian)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *